Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III-A Di SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III-A Di SDN 016 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III-A Di SDN 016 Tarakan

Pengarang : Rezkiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give kelas III A SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SDN 016 Tarakan yang berjumlah 22 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, disiplin dan percaya diri), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III A SDN 016 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 68% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 72% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 68% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give

The objective of this study is to improve sains’ Cooperative Learning Type of Take And Give at the III A class in SDN 016 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 016 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of III A class in SDN 016 Tarakan which consists of 12 male and 10 female students. The research is conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (responsible, discipline, and confidence) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of Take And Give can improve students’ achievement in learning at the III A class in SDN 016 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 68%, and having an improvement in cycle II, that is 86%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 72%, and having an improvement in cycle II, that is 90%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 68%, and having an improvement in cycle II, that is 86%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Take And Give

Detail Informasi