Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 002 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 002 Bunyu

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 002 Bunyu

Pengarang : Nurlia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui atau melihat pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 002 Bunyu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2017 di Kelas IV SDN 002 Bunyu. Desain penelitian ini adalah Nonquivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas IV SDN 002 Bunyu dengan jumlah keseluruhan 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV B SDN 002 Bunyu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SDN 002 Bunyu sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Sampel Jenuh. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual tidak sama dengan hasil belajar kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan Metode Ceramah. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari hasil belajar IPS siswa diperoleh thitung 6,883 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 41 diperoleh ttabel 1,6829 berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI), Hasil Belajar IPS

This type of research is a quasi-experimental research that aims to find out or see the influence of Learning Inquiry Assisted Learning Strategies on Learning Results IPS Students Class IV SDN 002 Bunyu. This research was conducted in August-September 2017 in Class IV SDN 002 Bunyu. The design of this research is Nonquivalent Control Group Design with a population of fourth grade students SDN 002 Bunyu with a total of 43 students. The sample in this research consists of two classes namely class IV B SDN 002 Bunyu as experimental class and class IV A SDN 002 Bunyu as control class. Sampling technique using Saturated Samples. The material used in this research is Natural Resources and Economic Activities. Data analysis used to analyze data of research result is descriptive statistic and inferential statistic with SPSS V.21 for windows. The results showed that the learning outcomes of IPs of experimental class students taught by using Inquiry Learning Strategy in Visual Media is not the same as the result of control class learning which was taught by using Lecture Method. The result of Independent sample t-test on Influence of Learning Inquiry Strategy in Visual Media with Conventional Learning in terms of student learning IPS obtained tct 6,883 at significance level of 0.05 and df = 41 obtained ttable 1.6829 means tcount> ttable. Thus, the use of Learning Assisted Inquiry Strategy in Visual Media gives a significant influence on students' IPS learning outcomes. Keywords: Inquiry Learning Strategy (SPI), IPS Learning Result

Detail Informasi