Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV-A SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV-A SDN 016 Tarakan

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV-A SDN 016 Tarakan

Pengarang : Nur’aini Arsyad - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan tahun ajaran 2016/2017. Informan dalam penelitian ini ada guru dan siswa yang memiliki kriteria kemampuan yang berbeda-beda yakni 1 siswa kriteria kemampuan tinggi, 1 siswa kriteria kemampuan sedang dan 1 siswa kriteria kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kriteria kemampuan tinggi tidak melakukan kelima dimensi kesalahan siswa dengan lengkap dan tepat namun satu soal pada nomor 5 siswa keliru dalam menjalankan prosedur/langkah-langkah proses perhitungan yang tidak sistematis dan tepat. Siswa dengan kriteria kemampuan sedang tidak melakukan dua dimensi kesalahan siswa dengan baik dan benar namun tiga soal informan keliru dalam menjalankan prosedur/langkah-langkah proses perhitungan yang tidak sistematis dan tepat dan kurangnya memahami masalah dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya dalam menyelesaikan soal. Sedangkan siswa dengan kriteria kemampuan rendah tidak melakukan satu dimensi kesalahan siswa dengan benar dan tepat sedangkan soal lainnya siswa keliru dalam menentukan rumus dan operasi hitung yang digunakan dan kurangnya pemahaman dalam menjalankan prosedur/langkah-langkah proses perhitungan yang tidak sistematis dan tepat serta tidak memahami dalam menarik kesimpulan yang logis dan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat terlihat bahwa setiap siswa memiliki kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, namun dalam kesalahan setiap siswa memiliki deskripsi yang berbeda-beda.

Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika

The focus of this research is the student’s mistake in solving the math story problem. The type of research used is descriptive Qulitative research conducted at SDN 016 Tarakan academic year 2016/2017. Informants in this study there are teachers and students who have different ability criteria that is 1 student high ability criteria, 1 student of medium ability criteria, and student low ability criteria. Data collection techniques of this research are interviews, observation, and documentation. Data analysis technique of this research is data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of this the students with high ability criteria do not do the five dimensions of student error completely and precisely, but one problem at number 5 students is wrong in running process/step calculation process that is not systematic and precise. Students with moderate ability criteria do not do two dimensions of student error well and correctly, but there informant problem is wrong is carrying out procedure/steps of calculation process which is not systematic and precise and lack of understanding problem in determining problem in determining what is know and asked in solve the problem. While students with low ability criteria do not do one dimension of student error correctly and precisely, while other problem of student mistaken in determining formula and counting operation that is used and lack of understanding in executing prosecure/steps of calculation process which is not systematic and precise conclusion. Based on the results of this study can be seen that each student has a student error in solving the math story problem, but the errors of each student has a different description. Keywords: Student Error, Mathematical Story Problem

Detail Informasi