Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan

Pengarang : Muhammad Addinul Islam - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus Pada Penelitian Ini Adalah Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif Yang Dilaksanakan Di SDN 033 Tarakan Pada Tahun Ajaran 2016/2017. Sumber Pada Penelitian Adalah Data Primer Dan Data Skunder. Informan Pada Penelitian Adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas Tinggi Dan Rendah, Siswa Kelas Tinggi Dan Rendah, Staff TU, Komite Sekolah Dan Pengawas Sekolah. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Pada Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan Analisis Data Dan Pembahasan Hasil Penelitian Pada Fokus Pertama Yaitu Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033. Pertama Yaitu Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Yang Bisa Dikatakan Sudah Cukup Baik, Namun Ada Beberapa Aspek Yang Masih Perlu Diperbaiki. Kedua Adalah Kompetensi Sosial Yang Dilakukan Kepala Sekolah Sebatas Kerja Sama Dengan Komite Dan Orang Tua /Wali Siswa. Ketiga Adalah Kompetensi Manajerial Yang Dilaksanakan Dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Dan Pengawasan. Keempat Adalah Kompetensi Supervisi Yang Dilaksanakan 2 Kali Dalam Setahun. Kelima Adalah Kompetensi Kewirausahaan Dimana Ada Usaha Yang Dilakukan Kepala Sekolah Dalam Pengadaan Dana Sekolah.
Fokus Kedua Yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Di SDN 033 Tarakan. Dari Hasi Pembahasan Terlihat Terdapat Dampak Positif Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Baik Terhadap Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Di SDN 033 Tarakan.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah, SDN 033 Tarakan

The Focus Of This Research Is The Principal's Competences In Implementing School Culture And Environmental Management At SDN 033 Tarakan And Principal Leadership In Implementing School Culture And Environmental Management At SDN 033 Tarakan. The Type Of Research Used Is Descriptive Qualitative Research Conducted At SDN 033 Tarakan In The Academic Year 2016/2017. Sources Of Research Are Primary And Secondary Data. Informants In The Study Were Principals, High And Low Class Teachers, High And Low Grade Students, TU Staff, School Committees And School Supervisors. Data Collection Techniques In This Study Are Interviews, Observation, And Documentation. Data Analysis Technique In This Research Is Data Reduction, Data Presentation, And Conclusion. Based On Data Analysis And Discussion Of Research Results At The First Focus Is The Principal's Competences In Implementing Cultural And Environmental Management Of The School In SDN 033. First, The Personality Of The School Principal That Can Be Said Is Good Enough, But There Are Some Aspects That Still Need To Be Improved. Second Is The Social Competence Of The Principal Is Limited To Cooperation With The Committee And Parents / Guardians Of Students. Third Is The Managerial Competence Carried Out From Planning, Organizing, Implementation, And Supervision. Fourth Is The Supervision Of Supervision Where The Supervision Is Done Twice A Year. Fifth Is Entrepreneurial Competence Where There Is Effort Done By Headmaster In Procurement Of School Fund. The Second Focus Is The Leadership Of The Principal In Implementing Cultural And Environmental Management At SDN 033 Tarakan. From The Results Of The Discussion There Is A Positive Impact Of Good Principal Leadership On School Culture And Environmental Management At SDN 033 Tarakan. Keywords: Principal Leadership, Cultural Management And School Environment, SDN 033 Tarakan

Detail Informasi