
Deskripsi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Di Kelas Pada SDN 042 Tarakan
Pengarang : Musmulyadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah deskripsi keterampilan dasar mengajar guru di kelas pada SDN 042 Tarakan dan dampak implementasi keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 042 Tarakan pada Tahun ajaran 2016/2017.Sumber penelitian adalah data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepada sekolah, guru kelas III.C, V.A dan tiga orang siswa kelas III.C dan V.A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus pertama yaitu deskripsi keterampilan dasar mengajar guru di kelas pada SDN 042 Tarakan dapat diketahui bahwa keterampilan dasar mengajar guru meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Fokus kedua yaitu dampak implementasi keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari kuat kemauan untuk belajar, penghargaan dalam belajar, kegiatan menarik dalam pembelajaran dan menunjukkan minat dengan menghubungkan persoalan yang lampau.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas III. C and V.A SDN 042 Tarakan
Focus of this research is to desribe Basic skills of teaching teachers in the classroom at SDN 042 Tarakan and the impact of the implementation of the basic skills of teaching teachers on student learning motivation. Reseacrh design in this study is descriptive qualitative which is conducted in SDN 042 Tarakan in the academic year 2016/2017. Sources of this reseacrh are primary data and secondary data. Informants in this study were school supervisors, to schools, teachers class III.C, V.A and three students class III.C and V.A. Data collection techniques in this study are interview, observation, dan dokumentation. Data analysis techniques in this research are data reduktion, data display, and verification. Based on data analysis and discussion of research results at the first focus is the description of basic teaching skills of teachers in the classroom at SDN 042 Tarakan it can be seen that the basic skills of teaching teachers include the skills of opening and closing lessons, explaining skills, questioning skills, variation skills, classroom management skills, Guiding small group discussions and small group and individual teaching skills. The second focus is the impact of the implementation of the basic skills of teaching teachers on student learning motivation which can be seen from the strong willingness to learn, awards in learning, interesting activities in learning and showing interest by connecting issues of the past. Keywords: Basic Skills Teaches Teachers Class III. C and V.A SDN 042 Tarakan