
Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Di SDN 017 Tarakan
Pengarang : Maska - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah Keterampilan guru dalam mengelola kelas di SDN 017 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 017 Tarakan pada Tahun ajaran 2016/2017.Sumber penelitian adalah data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III.C,V.C Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yaitu deskripsi keterampilan dasar mengajar guru di kelas pada SDN 017 Tarakan dapat diketahui bahwa keterampilan dasar mengajar guru meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Tetapi disini peneliti hanya mengfokuskan penelitiannya pada keterampilan mengelola kelas.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas III. C and V.C SDN 017 Tarakan
Focus of this study is teachers skill in managing the class at SDN 017 tarakan. Reseacrh design in this study is descriptive qualitative which is conducted in SDN 017 Tarakan in the academic year 2016/2017. Sources of this reseacrh are primary data and secondary data. Informants in this study were Headmaster, teachers class III.C, V.C Data collection techniques in this study are interview, observation, dan dokumentation. Data analysis techniques in this research are data reduktion, data display, and verification. Based on data analysis and discussion of research results at the first focus is the description of basic teaching skills of teachers in the classroom at SDN 017 Tarakan it can be seen that the basic skills of teaching teachers include the skills of opening and closing lessons, explaining skills, questioning skills, variation skills, classroom management skills, Guiding small group discussions and small group and individual teaching skills. However, here the researcher only focuses his research on the skills of managing the class. Keywords: Basic Skills Teaches Teachers Class III. C and V.C SDN 017 Tarakan