Pengembangan Media Permainan Puzzle Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII SMP/MTs | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Permainan Puzzle Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII SMP/MTs

Pengembangan Media Permainan Puzzle Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII SMP/MTs

Pengarang : Nurdiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui kelayakan, respon guru dan siswa terhadap media permainan puzzle yang dikembangkan. media permainan puzzle yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Model Borg & Gall memiliki Sepuluh tahap, namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ke tujuh yaitu revisi produk hasi uji coba lapangan utama. media permainan puzzle yang dikembangkan divalidasi oleh dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian media permainan puzzle berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase 72,5% dengan kriteria baik. Ahli materi memperoleh persentase 75% dengan kriteria baik, hasil angket respon siswa uji coba skala terbatas memperoleh persentase 86,25% dengan kriteria sangat layak, hasil angket respon siswa uji coba lapangan utama memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat layak, dan hasil angket respon guru memperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dari ahli media, ahli materi, guru IPA dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa media permainan puzzle yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

The study aim to determine the feasibility and response of teacher and students regarding puzzle games development. Media of puzzle games that is improved by using improvement model of Borg & Gall. Model of borg & gall has ten phases. But this research is limited to seventh phase, that is main field trials. The improved media is validated by two validators, they are material expert and media expert. The result of media of puzzle games studies based on media expert obtained a percentage of 72,5% with criteria good. Material expert gets percentage score 75% with criteria “good”. Result of questionnarry of student response whose trial is limited to development of puzzle games media gets percentage 86,25% with criteria very strong, result of questionnarry of student response with main field trials to development of puzzle games media gets percentage 83% with criteria very strong, and result of questionnarry of science teacher to development of puzzle games media gets percentage 87,5% with criteria very strong. Based on the result of assesment from media expert, material expert, science teacher, and students, it can be conclude that the puzzle games media developed has met the criteria of good quality of teaching materials and suitable for use in learning.

Detail Informasi