
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-B SDN 036 Tarakan
Pengarang : Linah Tadia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi tanah, air, dan alam sekitar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Audio Visual pada siswa kelas V-B SDN 036 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 036 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 036 Tarakan berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru, aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi tanah, air, dan alam sekitar siswa kelas V-B SDN 036 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 50% pada siklus II meningkat menjadi 77%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 45% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 36% pada siklus II meningkat menjadi 95%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Audio Visual, SDN 036 Tarakan
The purpose of this research is to improve the science learning result of soil, water, and nature material by applying cooperative learning model of NHT type Audio visual aid to V-B students SDN 036 Tarakan. The type of research used is Class Action Research (CAR) conducted at SDN 036 Tarakan in second semester of academic year 2016/2017. The subject of the study were students of class V-B SDN 036 Tarakan totaling 22 students. This study was conducted in 2 cycles each cycle consisting of 2 meetings. The procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data obtained in this study include students activity, teacher activity, cognitive aspect, affective aspect, and psychomotor aspect. The result of the research shows that by applying cooperative learning model of NHT type with Audio Visual aid can improve the science learning result of the soil, water, and nature material around the students of class V-B SDN 036 Tarakan. This can be seen from the results obtained in each cycle, in the cycle I mastery of student learning outcomes 50% cognitive aspects of the second cycle increased to 77%. In the first cycle of student learning result completeness affective aspects 45% in cycle II increased to 86%. In the first cycle, the students’ learning achievement 36% psychomotor aspects in cycle II increased to 95%. So, it can be said that the research has been successful and in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, Cooperative Learning Model Type NHT, Audio Visual, SDN 036 Tarakan