
Pengembangan Modul IPA Berorientasi Inkuiri Pada Materi Saling Ketergantungan Antar Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas IV SDN 043 Tarakan
Pengarang : Lili Sulistiyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul pada materi saling ketergantungan antar makhluk hidup yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2016) yang dibatasi sampai pada tahap ke duabelas. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, lembar observasi keterpakaian, dan angket respon siswa. Uji coba terbatas menggunakan siswa kelas IV sebanyak 3 orang, uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas IV sebanyak 6 orang dan uji coba lapangan operasional menggunakan siswa kelas IV sebanyak 27 orang.
Proses pengembangan bahan ajar modul pada materi saling ketergantungan antar makhluk untuk siswa kelas IV SDN 043 Tarakan dilakukan melalui duabelas tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) rancangan produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) pembuatan produk, 7) uji coba terbatas, 8) revisi produk, 9) uji coba lapangan utama, 10) revisi produk, 11) uji coba lapangan operasional, 12) revisi akhir. Kelayakan modul IPA diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 86,66% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid, ahli desain sebesar 84,09% dengan kategori valid, angket respon guru sebesar 96,87% dengan kategori sangat praktis, angket observasi keterpakaian sebesar 95,37% dengan kategori sangat praktis, angket respon siswa uji coba terbatas sebesar 93,05% dengan kategori sangat efektif, angket respon siswa uji coba lapangan utama sebesar 97,22% dengan kategori sangat efektif dan angket respon siswa uji coba lapangan operasional sebesar 92,74% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan modul IPA yang dikembangkan layak.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul IPA
The study aims to produce module teaching materials on the material interdependence among the living beings is feasible. This research is a research and development (Borg & Gall model modified by Sugiyono (2016) which is limited to the twelfth stage. This research and development instrument uses teacher interview guides, student interview guides, expert material validation questionnaires, expert language validation questionnaires, expert design validation questionnaires, teacher response questionnaires, observation sheet of clothing, and student response questionnaires. The trial was limited to using grade 4 students as much as 3 people, field trials using fourth grade students as much as 6 people and field operational trials using fourth graders as much as 27 people. The process of developing module materials on the interdependence material among the creatures for grade 4 students of SDN 043 Tarakan is done through twelve stages of research and development, namely: 1) Potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation, 5 ) revised design, 6) product manufacturing, 7) limited testing, 8) product revision, 9) major field trials, 10) product revisions, 11) operational field trials, 12) final revisions. The feasibility of IPA module is obtained from the validation of the material expert of 86.66% with the category is very valid, the linguist is 90% with the category is very valid, the design expert is 84.09% with the valid category, the teacher response questionnaire is 96,87% very practical, questionnaire of 95.37% observation questionnaire with very practical category, questionnaire response of limited test students of 93.05% with very effective category, questionnaire response of main field trial students of 97.22% with very effective category and questionnaire the response of the operational field test students amounted to 92.74% with very effective category. Based on these results, it can be concluded that the IPA module developed is feasible. Keywords: Research and Development, IPA Module