
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Langsung Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas III SDN 050 Tarakan
Pengarang : Kintani Kusumaningrum - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada Penerapan Pembelajaran Langsung Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SDN 050 Tarakan.
Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017. Dengan populasi siswa kelas III SDN 050 Tarakan dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-C sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan software SPSS V.21 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran langsung berbantuan multimedia lebih besar daripada motivasi belajar dan hasil belajar kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran langsung. Hasil uji Independet Sample T test terhadap pengaruh penerapan pembelajaran langsung berbantuan multimedia dengan pembelajaran langsung tanpa menggunakan multimedia ditinjau dari motivasi belajar siswa diperoleh thitung = 9,99 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 72, diperoleh ttabel = 1,67 berarti thitung > ttabel dan untuk hasil belajar IPA siswa diperoleh thitung = 5,05 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 72, diperoleh ttabel = 1,67 berarti thitung > ttabel.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran langsung berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Multimedia, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA
This study aims to determine the significant effect on the Directly Learning Assited by Multimedia on the Motivation of Learning and Learning Outcomes of Science in Students of Class III SDN 050 Tarakan. This type of research is a quasi-experimental study. This study was held in September 2017. With a population of class III SDN 050 Tarakan and a sample consisting of two classes namely class III-A as experimental class and class III-C as a control class. The sampling method used is simple random sampling. The results of research data is processed with the help of software SPSS V.21 for windows. The results showed that learning motivation and science learning outcomes of experimental class students with direct learning assisted by multimedia is greater than learning motivation and control class learning outcomes using only direct learning. Independent test result Sample T-test on the influence of the implementaion of multimedia-assisted direct learning with direct learning without using multimedia in terms of student learning motivation obtained tcount = 9,99 at the level of significance 0,05 and df = 72, obtained ttable = 1,67 means tcount > ttable and for students' learning outcomes obtained tcount = 5,05 at significance level of 0,05 and df = 72, obtained ttable = 1,67 means tcount> ttable. Thus it can be concluded that the application of direct learning asissted by multimedia provides a significant influence on learning motivation and student learning outcomes. Keywords: Direct Learning, Multimedia, Learning Motivation, Learning Outcomes, Science