Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 031 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 031 Tarakan

Pengarang : Julia Sinta - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia pada siswa kelas V-B SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 031 Tarakan semester I tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 031 Tarakan yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SDN 031 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada aspek kognitif siklus I 57% meningkat menjadi 86%pada siklus II. Aspek afektif siklus I 52% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aspek psikomotorik siklus I 53% meningkat menjadi 81% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Course Review Horay (CRH) Berbantuan Multimedia

The purpose of this research is to improve natural science of student’s achievement by applied Course Review Horay (CRH) Supported Multimedia Cooperative Type learning model at V-B class of SDN 031 Tarakan. This research was using classroom action research method that conducted at SDN 031 Tarakan at second semester in academic year 2017/2018. Research subject was V-B class students of SDN 031 Tarakan that consists of 21 students. This research was conducted in two cycle that each cycle consists of two meetings. Cycle procedure consists of planning, action, observation, and reflection. The result of this research shows that the implementation of Course Review Horay Cooperative (CRH) Supported Multimedia Type model can improve natural science of student’s achievement at V-B class of SDN 031 Tarakan. This is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspect of the cycle I 57% increased to 86% in cycle II. The affective aspect of cycle I 52% increased to 90% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I 53% increased to 81% in cycle II. This study has been in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, Natural Science, Model Type Course Review Hooray (CRH) Supported Multimedia

Detail Informasi