
Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SDN 017 Tarakan
Pengarang : Joko Budiantoro Emeng - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sistem pernapasan manusia yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2016) yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respon siswa. Uji coba produk menggunakan siswa kelas V sebanyak 6 orang dan uji coba pemakaian menggunakan siswa kelas V sebanyak 28 orang.
Proses pengembangan media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas V SDN 017 Tarakan dilakukan melalui sembilan tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir. Kelayakan media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 85,71% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 90,9% dengan kategori sangat layak, angket respon siswa uji coba produk sebesar 93,5% dengan kategori sangat layak, angket respon siswa uji coba pemakaian sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan layak.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Pembelajaran, Media Pembelajaran
The study aims to produce a viable learning media of human respiratory system. This research is a research and development (Borg & Gall model modified by Sugiyono (2016) which is limited to the ninth stage. This research and development tool uses teacher interview guides, student interview guides, expert material validation questionnaires, media expert validation questionnaires, and student response questionnaires. Trial of product using class V students as much as 6 people and trial usage use class V student as much 28 people. The process of developing learning materials of human respiratory system for grade V students of SDN 017 Tarakan is done through nine stages of research and development, namely: 1) Potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation, 5) design improvements, 6) product testing, 7) product revisions, 8) trial usage, 9) revision of the final product. The feasibility of learning media of human respiratory system material is obtained from the material expert validation result of 85.71% with very reasonable category, the media expert is 90.9% with the category very feasible, the questionnaire of the students test product test of 93.5% with very decent category, a questionnaire for a student test response test of 96% with very decent category. Based on these results can be concluded learning media material human respiratory system developed feasible. Keywords: Research and Development, Learning, Learning Media