Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-C SDN 041 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-C SDN 041 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-C SDN 041 Tarakan

Pengarang : Ismi Oktaviani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada siswa kelas IV-C SDN 041 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 041 Tarakan semester II tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-C SDN 041 Tarakan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV-C SDN 041 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada aspek kognitif siklus I 63% meningkat menjadi 83%pada siklus II. Aspek afektif siklus I 73% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aspek psikomotorik siklus I 77% meningkat menjadi 97% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Course Review Horay

The purpose of this research is to improve social science of student’s achievement by applied Course Review Horay Cooperative Type learning model at IV-C class of SDN 041 Tarakan. This research was using classroom action research method that conducted at SDN 041 Tarakan at second semester in academic year 2016/2017. Research subject was IV-C class students of SDN 041 Tarakan that consists of 30 students. This research was conducted in two cycle that each cycle consist of two meetings. Cycle procedure consists of planning, action, observation, and reflection. The result of this research shows that the implementation of Course Review Horay Cooperative Type model can improve social science of student’s achievement at IV-C class of SDN 041 Tarakan. This is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspect of the cycle I 63% increased to 83% in cycle II. The affective aspect of cycle I 15% increased to 71% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I 77% increased to 97% in cycle II. This study has been in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Model Type Course Review Horay

Detail Informasi