Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus VII Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus VII Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus VII Tarakan

Pengarang : Ina Sulistiyana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V Gugus VII Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei – 22 Juni 2017 di SDN 007 Tarakan dan SDN 047 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group Design. Populasi siswa kelas V pada gugus VII Tarakan yang terdiri dari SDN 007, SDN 027, SDN 031, SDN 032, SDN 047, SD IT Ibnu Abbas, dan MI AL-Fatah dengan jumlah keseluruhan 297 siswa. Dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-B SDN 007 Tarakan sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A SDN 047 Tarakan sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan bantuan Software SPSS 21 for windows.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar IPA kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together lebih besar daripada motivasi belajar dan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan Model Konvensional. Hasil uji Independent sample ttest terhadap pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan model konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa diperoleh thitung 5,07 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 56 diperoleh 1,67 berarti thitung > ttabel dan untuk Hasil Belajar IPA siswa diperoleh thitung 3,08 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 56 diperoleh 1,67 berarti thitung > ttabel.
Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa.

Kata Kunci: Number Head Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA

The purpose of this research is to understand the significant effect for the use of model cooperatif Number Head Together on learning motivation and learning result in science class grade V Gugus VII Tarakan city. This research was held on 22 May until 22 June 2017 in SDN 007 Tarakan and SDN 047 Tarakan. The type of this research is quantitatif with Nonquivalent Control Group Design. population in the fourth on the seventh tarakan of the SDN 007, SDN 027, SDN 031, SDN 032, SDN 047, SD IT Ibnu Abbas, and MI AL-Fatah with the over all amount of 297 students. And the sample consists of two classes of the fourth to B SDN 007 Tarakan as a class experiment and fourth to A of the SDN 047 Tarakan as the control. The sampling using simple random sampling. Analyst data that used, use the helped from software SPSS 21 for windows. Analysis of the data used to analyze the research data is descriptive statistics and test Independent sample t-test. The results showed that the learning motivation and learning outcomes of natural science experiment class is taught using Cooperative Learning Model Type Number Head Together larger than learning motivation and learning outcomes control classes taught using conventional models. The test results Independent sample t-test towards Influence of cooperative learning model type Number Head Together with conventional models in terms of student motivation obtained tcount 5,07 at a significance level of 0.05 and df = 56 obtained 1,67 obtained tcount> ttable and for Learning Outcomes natural science student obtained tcount 3.08 at a significance level of 0.05 and df = 56 obtained 1,67 means tcount> ttable. Thus, the use of Cooperative Learning Model Type Number Head Together have a significant influence towards motivation to learn and learning outcomes of natural science students. Keywords: Cooperative Learning Type Number Head Together, Learning Motivation, Learning Outcomes Natural Sciences

Detail Informasi