
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-A SDN 012 Tarakan
Pengarang : Ihsan Hariadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas V-A SDN 02 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 012 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 012 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A SDN 012 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 75% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 67% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 62% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, Siswa
The objective of this study is to improve sains’ Learning Model Cooperative type Two stay two stray of at the V-A class in SDN 012 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 012 Tarakan at first semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of V-A class in SDN 012 Tarakan which consists of 12 male and 12 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of TSTS can improve students’ achievement in learning sains at the V-A class in SDN 012 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 67%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 62%, and having an improvement in cycle II, that is 96%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type TSTS, Student