
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V-A SDN 009 Tarakan
Pengarang : Hamidah Novita A. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus penelitian ini adalah kesulitan belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk soal cerita matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 009 Tarakan tahun ajaran 2016/2017. Informan dalam penelitian ini ada 2 guru dan 3 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada dimensi kesulitan belajar fakta siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah mengalami kesulitan karena siswa tidak mampu mendefinisikan makna dari huruf, simbol dan istilah metematika. Dimensi kedua kesulitan belajar konsep, siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah tidak mengalami kesulitan pada dimensi kesulitan belajar konsep. Siswa mampu menangkap konsep soal dengan benar dengan menulis dan menyebutkan diketahui dan ditanyakan serta mampu menentukan operasi hitung yang digunakan dalam soal. Dimensi ketiga kesulitan belajar prinsip pada siswa kemampuan tinggi dan sedang tidak mengalami kesulitan. Namun, pada siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan karena tidak mengetahui tahap tahap dalam menyelesaikan soal sehingga jawaban yang dikerjakan salah. Dimensi keempat kesulitan belajar keterampilan/prosedur siswa kemampuan tinggi tidak mengalami kesulitan. Namun pada siswa kemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan karena tidak mampu menghitung soal dengan benar, tidak dapat mengecek kembali jawaban yang dikerjakan serta tidak dapat memberikan kesimpulan akhir dari soal.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Soal Cerita Matematika
The focus of this study is difficulty the learn mathematical student at quantifying items and reductions of franction in form of mathematical solve the story problem. The type of research used is descriptive Qualitative research conducted at SDN 009 Tarakan academic year 2016/2017. Subjects in this study there are 3 students with high ability, medium and low. Technique of collecting data of this research is interview, observation, and documentation. Data analysis technique of this research is data reduction, data presentation, and conclusion. Based to research result that at difficulty dimension learn high ability student fact, is and lower to find difficulties because student unable to define meaning of letter, term and symbol of mathematical. Dimension both of difficulty learn concept, high ability student, is and lower do not find difficulties at difficulty dimension learn concept. Student can catch problem concept truly written and mention to be known and asked and also can determine operation calculate which used in problem. Third dimension of difficulty learn principle at high ability student and is not finding difficulties. But, at student ably lower to find difficulties because do not know phases in finishing problem so that answer the done wrong. Difficulty fourth dimension learn skill / high ability student procedure do not find difficulties. But at ability student is and lower to find difficulties because unable to calculate problem truly, cannot check again done answer and also cannot give conclusion of is end of problem. Keywords: Mathematical Learning Disability, Solve the Story Problem