
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-B SDN 015 Tarakan
Pengarang : Frengky Sattu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V-B SDN 015 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 015 Tarakan semester I tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 015 Tarakan yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SDN 015 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada aspek kognitif siklus I 41% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Aspek afektif siklus I 52% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aspek psikomotorik siklus I 56% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Teams Games Tournament (TGT)
The purpose of this research is to improve social science of student’s achievement by applied Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Type learning model at V-B class of SDN 015 Tarakan. This research was using classroom action research method that conducted at SDN 015 Tarakan at second semester in academic year 2017/2018. Research subject was V-B class students of SDN 015 Tarakan that consists of 27 students. This research was conducted in two cycle that each cycle consist of three meetings. Cycle procedure consists of planning, action, observation, and reflection. The result of this research shows that the implementation of Teams Games Tournament (TGT) model can improve social science of student’s achievement at V-B class of SDN 015 Tarakan. This is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspect of the cycle I 41% increased to 93% in cycle II. The affective aspect of cycle I 52% increased to 100% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I 56% increased to 100% in cycle II. This study has been in accordance with success indicators. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Model Type Teams Games Tournament (TGT)