
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 028 Tarakan
Pengarang : Firdaus Maiwa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 028 Tarakan melalui penerapan model pembelajaran course review horray dan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 028 Tarakan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 028 Tarakan yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray dan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 028 Tarakan. Hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada aspek kognitif siklus I 48% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Aspek afektif siklus I 56% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Aspek psikomotorik siklus I 44% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil belajar, Model Pembelajaran Course Review Horray dan Metode Eksperimen
The objective of this study is to improve science cooperative learning type of course review horray and method of experiment at the V class in SDN 028 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 028 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of V class in SDN 028 Tarakan students amounting to 27 students. This study was conducted in to 2 cycles, each cycle consisted of 2 meetings. The procedure of each cycle of planning, action, observation, and reflection. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of course review horray and method of experiment can improve students’ achievement in learning at the V class in SDN 028 Tarakan. This is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspect of the cycle I 48% increased to 93% in cycle II. The affective aspect of cycle I 56% increased to 93% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I 44% increased to 89% in cycle II. This study has been in accordance with success indicators. Keywords: PTK, Learning Achievement, Model of Course Review Horray and Method of Experiment