
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan
Pengarang : Eripianus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 032 Tarakan pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, di mulai pada tanggal 17 April sampai dengan 26 April 2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 032 Tarakan dengan jumlah 23 siswa, dengan rincian 12 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil siklus I persentase ketuntasan pada aspek kognitif 52%, aspek afektif 48%, dan aspek psikomotorik 57%. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan pada aspek kognitif 83%, aspek afektif 87%, dan aspek psikomotorik 91%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 032 Tarakan pada materi Pembentukan tanah. Maka model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: IPA, Hasil Belajar, Make A Match
The purpose of this research to improve student learning outcomes class V SDN 032 Tarakan on science learning using cooperative learning model type make a match. The type of research is classroom action research. This research was conducted with 2 cycles, starting from April 17 until April 26, 2017. The subjects of this research are the students of grade V SDN 032 Tarakan with the number of 23 students, with 12 female students and 11 male students. The results of the research that has been done obtained the results of the cycle I percentage of completeness on the cognitive aspects 52%, affective aspects 48%, and psychomotor aspects 57%. Then in cycle II the percentage of mastery at cognitive aspect 83%, affective aspect 87%, and psychomotor aspect 91%. It can be concluded that the application of cooperative learning model type make a match can improve science learning outcomes in students of grade V SDN 032 Tarakan on material Formation of soil. Then the model of cooperative learning type make a match can be used as an alternative in science learning. Keywords: IPA, Learning Result, Make A Match