Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Gugus VII Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Gugus VII Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Gugus VII Tarakan

Pengarang : Erprilintia Disanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui atau melihat pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Gugus VII Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017 di Kelas IV SDN 007 dan SDN 027 Tarakan. Desain penelitian ini adalah Nonquivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas IV pada gugus VII Tarakan yang terdiri dari SDN 007, SDN 027, dan SDN 032 dengan jumlah keseluruhan 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A SDN 007 Tarakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 027 Tarakan sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini ialah materi energi panas dan bunyi.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari hasil belajar IPA siswa diperoleh thitung 3,279 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 54 diperoleh ttabel 1,6736 berarti thitung > ttabel.
Dengan demikian, penggunan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Energi Panas dan Bunyi

This type of research is a quasi-experimental research that aims to determine or see the effect of Guided Inquiry Learning Model on the Results of Science Student Class IV In Tarakan VII Cluster. This research was conducted in April 2017 in Class IV SDN 007 and SDN 027 Tarakan. The design of this research is Nonquivalent Control Group Design with population of grade 4 students in cluster VII Tarakan consisting of SDN 007, SDN 027, and SDN 032 with total 114 students. The sample in this study consisted of two classes namely class IV A SDN 007 Tarakan as experimental class and grade IV B SDN 027 Tarakan as control class. Sampling technique using Simple Random Sampling. The material used in this research is the material of heat energy and sound. Data analysis used to analyze data of research result is descriptive statistic and inferential statistic with SPSS V.21 for windows. The results showed that the learning outcomes of science students of experimental class that were taught by using Guided Inquiry Learning Model was greater than the result of control class learning that was taught by using Conventional Learning. The result of Independent sample t-test on the Influence of Guided Inquiry Learning Model with Conventional Learning in terms of student learning result obtained by tcount 3,279 at significance level 0,05 and df = 54 obtained ttabel 1,6736 mean thitung > ttable. Thus, the use of Guided Inquiry Learning Model gives a significant influence on students' science learning outcomes. Keywords: Guided Inquiry, Science Learning Outcomes, Heat Energy And Sound

Detail Informasi