Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Peserta Didik Di Kelas IV SDN 028 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Peserta Didik Di Kelas IV SDN 028 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Peserta Didik Di Kelas IV SDN 028 Tarakan

Pengarang : Endah Puji Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah deskripsi kemampuan guru dalam menjalin komunikasi dengan peserta didik di kelas IV SDN 028 Tarakan dan Faktor-faktor penghambat komunikasi dengan peserta didik di kelas IV SDN 028 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa deskripsi kemampuan guru dalam menjalin komunikasi dengan peserta didik di kelas IV SDN 028 Tarakan dilakukan dengan enam indikator yang mana dari penerapan itu telah dilakukan dengan baik hanya saja terdapat dua indikator yaitu dalam menyajikan pembelajaran yang menumbuhkan kerjasama guru kurang variasi dalam memilih metode ataupun model-model pembelajaran. Yang kedua, dalam memberikan respon positif terhadap siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maupun salah, guru juga kurang dlam melakukan variasi dalam memberikan motivasi kepada siswa. Sedangkan untuk fokus kedua faktor penghambat komunikasi dengan peserta didik bahwa terbukti jika komunikasi dengan peserta didik terhambat maka pembelajaran juga akan terhambat. Guru juga sudah sangat baik dalam mengatasi hambatan-hambatan yang akan terjadi pada saat proses pembelajaran dengan peserta didik.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Komunikasi, Faktor Penghambat, Peserta Didik Kelas IV, SDN 028 Tarakan

The focus of this research is Description the ability of teachers in estabilishing communication with fourth grade leaners SDN 028 Tarakan and factors inhibiting communication with leaners in the fourth grade SDN 028 Tarakan. The design of this research was descriptive qualitative research. The sources of the data in this research are primary sources and secondary sources. Technique of collecting data in this research are interview, observation, and documentation. And the technique of data validation are triangulation of source and technique. Based on data analysis and discussion can be seen that description the ability of teachers establishing communication with fourth grade leaners SDN 028 Tarakan six indicators have been carried out which from the implementation has been done well there are only two indicators namely in presenting lessons that foster teacher cooperation less variation in choosing the methode or learnung model. The second providing a positive response to student who successfully answered the questions correctly or wrong teachers are also less in doing variations in providing motivation to students. While for the second focus inhibiting factors of communication with leaners that proved if communication with leaners is hampered then learning will also be hampered. Teachers are also very good at overcoming obstacles that will occur in the learning process with leaners. Keywords: The Ability Of Teachers, Communication, Obstacle Factor, Fourth Grade Students, SDN 028 Tarakan

Detail Informasi