
Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Multikultural Budaya Kalimantan Pada Materi Gaya Untuk Siswa Kelas IV SDN 043 Tarakan
Pengarang : Eka Sulfiana Usman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum IPA berbasis Multikultural budaya kalimantan pada gaya yang berkualitas dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2016) yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar observasi keterpakaian produk. Uji coba produk menggunakan siswa kelas V-A sebanyak 6 orang dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas V-A sebanyak 24 orang.
Proses pengembangan petunjuk praktikum berbasis Multikultural Budaya kalimantan pada gaya untuk siswa kelas IV SDN 043 Tarakan dilakukan melalui sembilan tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir. Kualitas petunjuk praktikum diperoleh dari aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Pada aspek kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid ahli desain sebesar 84,09% dengan kategori sangat valid. Pada aspek kepraktisan, angket respon guru sebesar 95,83% dengan kategori sangat praktis dan observasi keterpakaian produk dengan 3 observer sebesar 92,12% dengan kategori sangat praktis. Pada aspek keefektifan, hasil angket keefektifan respon siswa uji coba produk sebesar 95,83% dengan kategori sangat efektif, dan angket keefektifan respon siswa uji coba pemakaian sebesar 96,26% dengan sangat efektif. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan petunjuk praktikum yang dikembangkan berkualitas.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Multikultural Budaya Kalimantan, Petunjuk Praktikum IPA
The research aims to produce of science practicum instruction based multicultural culture of borneo on force material quality from the aspect of feasibility, practicality, and effectiveness. This research is a research and development (Borg & Gall model modified by Sugiyono (2016) which is limited to the ninth stage. This research and development instrument uses teacher interview guides, student interview guides, expert material validation questionnaires, expert language validation questionnaires, expert design validation questionnaires, teacher response questionnaires, student response questionnaires, and product observation sheets. Trial of product using fifth grade student counted 6 people and main field trial use student of class VA as many as 24 people. The process of developing of science practicum instruction based multicultural culture of Borneo on force material for the fourth grade students of SDN 043 Tarakan conducted through nine stages of research and development, there are: 1) Potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation, 5) design improvements, 6) product testing, 7) product revisions, 8) trial usage, 9) revision of the final product. Quality of practicum instruction obtained from the aspect of feasibility, practicality and effectiveness. On the feasibility aspect of the material expert validation results of 87.05% with the category is very valid, the linguist by 90% with a very valid category of design experts of 84.09% with very valid category. In the practical aspect, the questionnaire of teacher response is 95,83% with very practical category and observation of product usage with 3 observers equal to 92,12% with very practical category. In the effectiveness aspect, the result of questionnaire of the effectiveness of the response of the product test students was 95,83% with very effective category, and the questionnaire effectiveness of students' test responses was 96,26% very effective. Based on the results, it can be concluded development of practicum instruction is qualified. Keywords: Research and Development, Multicultural Culture of Borneo, Science Practicum Instructions