Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV B SDN 050 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV B SDN 050 Tarakan

Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV B SDN 050 Tarakan

Pengarang : Dewi Yanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV B SDN 050 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SDN 050 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 050 Tarakan berjumlah 36 siswa laki-laki berjumlah 19 siswa dan perempuan berjumlah 17 siswa.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai aspek kognitif siklus I sebesar 61.11% kemudian di siklus II meningkat sebesar 88.88%, Pada aspek afektif siklus I sebesar 52.77% kemudian di siklus II meningkat sebesar 94.44%. Pada aspek psikomotorik siklus I sebesar 69.44% kemudian di siklus II meningkat sebesar 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual

The purpose of this study is to improve the learning outcomes of science with the Application of Cooperative Contextual Teaching and Learning in Class IV B SDN 047 Tarakan. The type of research used is Classroom Action research conducted at SDN 050 Tarakan in first semester of academic year 2017/2018. The subjects of the study were students of class IV-B SDN 050 Tarakan amounted to 36 male students totaling 19 students and female totaling 17 students. The results of this study obtained the cognitive aspects of the first cycle of 61.11% and then in the second cycle increased by 88.88%, On the affective aspects of cycle I of 52.77% and then in the second cycle increased by 94.44%. On the psychomotor aspect of cycle I of 69.44% then in cycle II increased by 100%. So it can be said that the research has been successful and in accordance with success indicators. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Contextual Teaching And Learning

Detail Informasi