Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 024 Tarakan

Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 024 Tarakan

Pengarang : Devi Rahmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 024 Tarakan tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini ada 4 guru dimana 2 guru kelas satu dan 2 guru kelas empat. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru telah melaksanakan tahapan mengamati, tetapi pada kegiatan pencatatan hasil pengamatan belum terlaksana karena belum lancar membaca dan menulis. Tahapan menanya telah guru laksanakan dari menginspirasi siswa, membimbing siswa dan melakukan refleksi. Tahapan mencoba telah guru laksanakan dari 7 kegiatan, tetapi 2 diantaranya belum terlaksana di kelas satu, seperti pencatatan fenomena yang terjadi dan membuat laporan serta mengomunikasikannya. Tahapan menalar sudah guru laksanakan, tetapi ada kegiatan yang tidak guru lakukan seperti tidak mencatat kemajuan siswa dan masih terdapat guru yang belum menyusun pembelajaran dari yang sederhana ke kompleks. Tahapan terakhir yaitu mengomunikasikan, tahapan ini telah guru laksanakan dari membimbing siswa membuat kesimpulan dan mengklarifikasi kesimpulan.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013, SDN 024 Tarakan

The focus of this research is the scientific approach in the curriculum 2013. Type of research used is descriptive Qualitative research conducted at SDN 024 Tarakan academic year 2017/2018. Subjects in this study there are 4 teachers where 2 first grade teachers and 2 fourth grade teachers. Technique of collecting data of this research is interview, observation, and documentation. Data analysis technique of this research is data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of research that the teacher has carried out the stages of observing, but the activity of recording the observation has not been done because not yet fluent read and write. Stages of questioning have been carried out by teachers to inspire students, guide students and reflect. Stages of the experiment have been carried out from 7 activities, but 2 of them have not been done in first grade, such as recording the phenomenon that occurred and make reports and communicate it. Stages of reasoning have been carried out, but there are activities that teachers do not record as the students progress and there are still teachers who have not compiled lessons from simple to complex. The last stage is to communicate, this stage has the teacher carried out from guiding students to make conclusions and clarify conclusions. Keywords: Scientific Approach, Curriculum 2013, SDN 024 Tarakan

Detail Informasi