
Pengembangan Majalah Biosmart Sebagai Sumber Belajar Alternatif Pada Materi Virus Untuk Siswa SMA/MA Kelas X
Pengarang : Neny Imaniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan majalah Biosmart yang berkualitas dari segi kelayakan dan kepraktisan sebagai sumber belajar alternatif pada materi virus untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (Define, Design, Development, dan Disseminate). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap ke 3 yaitu tahap Development. Data peneliti dianalisis melalui uji kelayakan dan uji kepraktisan. Pengujian produk dilakukan oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Uji coba lapangan dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan dengan menggunakan siswa kelas X MIA 2 sebanyak 30 orang. Hasil validasi diperoleh dari ahli materi sebesar 87% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dan ahli praktisi sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil kepraktisan diperoleh dari respon siswa sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis dan observasi keterpakaian produk sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa majalah Biosmart yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas sumber belajar yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.
The objective of this research to produce a quality of Biosmart magazine in terms of feasibility and practicality as an alternative source of learning on virus material for SMA / MA class X. This research is a Research and Development used 4-D development model consisted of 4 stages namely (Define, Design, Development, and Disseminate). In this study only done until the 3 stage of Development stage. The researchers analyzed the data were through feasibility test and practicality test. The tested of product was done by 3 experts, namely material expert, media expert, and practitioners. The field trial was conducted at Madrasah Alya Negeri Tarakan by used the students of X MIA 2 class as many as 30 students. The result of validation was conducted of material expert by 87% with very reasonable criteria, media expert of 93% with very reasonable criteria and practitioners expert of 92% with very reasonable criteria. Practical results obtained from 92% student’s response with very practical criteria and observation of product usage of 92% with very practical criteria. Based on the results of the assessment, it can be concluded that the magazine Biosmart developed has fulfill the criteria of the quality of learning source that were feasible and practical use in biology learning in school.