Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V-B SDN 037 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V-B SDN 037 Tarakan

Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V-B SDN 037 Tarakan

Pengarang : Desriandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V-B SDN 037 Tarakan dengan menerapkan strategi pembelajaran inquiri terbimbing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 037 Tarakan yang berjumlah 28 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian, lembar pengamatan siswa, dan lembar pengamatan guru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dapat diliat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal 38% dari kriteria ketuntasan minimun70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan Siklus II pencapaian pembelajaran meniningkat secara bertahap dari 61% menjadi 78%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Inquiri Terbimbing

The aim of this reseach is to improve social sciece by strategis inquiri learning in students V-B SDN 037 Tarakan one multiplication and division material. The type of this research is classroom action research (CAR) which was held in 2 cycles, where each consists of planning, action, observasion, and reflection. The object of this research is student’s in V-B class of SDN 037 Tarakan with the total number of 28 student’s. Data found using student’s learning outcome test in commentary, teacher’s activity observasion form, and student’s activity observasion form. The result of this research shows that there is an increase in student’s learning outcome. It can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 38% of student’s passed the minimum passing criteria (70). After treatment was given in cycle I and II, the student’s learning outcome increased significantly from 61% to 78%. Keywords: Learning Achievement, Strategies Inquiri Learning

Detail Informasi