
Implementasi Standar Proses Pada Penilaian Hasil Pembelajaran IPS Pada Guru Di SDN 003 Tarakan
Pengarang : Dedy Berahim - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus penelitian ini adalah Implemntasi Standar Proses Pada Penilaian Pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 003 Tarakan. Tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini focus pada kelas tinggi dan kelas rendah yaitu kelas tinggi V dan kelas rendah II. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan berdasarkan hasil wawancara pada salah satu guru kelas observasi di kelas yang dilakukan oleh peneliti di SDN 003 Tarakan diperoleh data bahwa 1) Dalam guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik, namun dalam rancangan itu ditemukan pula bahwa pada kelas II tidak merancang penilaian portofolio, 2) Dalam pelaksanaan penilaian, guru menggunakan berbagai macam strategi dan metode penilaian untuk memantau hasil belajar peserta didik, adapun aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik sangat diutamakan. 3) Dalam pemanfaatn berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik, hasil analisis penilaian digunakan untuk pemanfaatan pengayaan, remedia dan penyempurnaan pembelajaran dan hal lain yang didaptak adalah hasil belajar peserta didik hanya disampaikan kepada peserta didik dan teman guru yang ada di SDN 003 Tarakan sedangkan kepada orang tua peserta didik tidak dilakukan.
Kata Kunci: Implementasi, Penilaian, Pembelajaran IPS
The focus of this research is the Improvement of Process Standards in IPS Learning Assessment. The type of research used is qualitative research conducted at SDN 003 Tarakan. The academic year 2017/2018. The subjects of this study focus on high class and low grade that is high class V and low grade II. Technique of collecting data of this research is collecting data of interview, documentation and based on interview result at one of classroom observation teacher in class conducted by researcher at SDN 003 Tarakan obtained data that 1) In teacher designing evaluation tool to measure progress and learners success learn, But in the design was also found that in the second class did not design portfolio assessment, 2) In the implementation of the assessment, teachers use various strategies and assessment methods to monitor students' learning outcomes, while the cognitive, affective and psychomotor aspects of the students are preferred. 3) In the utilization of various assessment results to provide feedback for learners, the results of the assessment analysis used for the utilization of enrichment, remedia and learning improvement and other things mendaptak is the learning outcomes of learners only delivered to students and friends of teachers who are in SDN 003 Tarakan while the parents of students not done. Keywords: Implementation, Assessment, Social Studies