Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-E SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-E SDN 029 Tarakan

Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-E SDN 029 Tarakan

Pengarang : Benyamin Tarsal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V E SDN 029 Tarakan melalui penerapan pendekatan scientific berbantuan media audiovisual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 029 Tarakan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-E SDN 029 Tarakan yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 6 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan scientific berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-E SDN 029 Tarakan. Hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada aspek kognitif siklus I 62% meningkat menjadi 79% pada siklus II. Aspek psikomotorik siklus I 59% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Aspek afektif siklus I 15% meningkat menjadi 71% pada siklus II. Penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata kunci: PTK, Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Media Audio-Visual

The purpose of this study is to improve student learning outcomes of V-E grade SDN 029 Tarakan through the application of scientific approach assisted audiovisual media. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) conducted at SDN 029 Tarakan even semester of academic year 2016/2017. The Subjects of the study were V-E SDN 029 Tarakan students, amounting to 34 students. This study was conducted in 2 cycles, each cycle consisted of 6 meetings. The procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results showed that with the application of scientific approach assisted audiovisual media can improve student learning outcomes V-E SDN 029 Tarakan. This is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspects of the cycle I 62% increased to 79% in cycle II. The psychomotor aspect of cycle I 59% increased to 88% in cycle II. The affective aspects of cycle I 15% increased to 71% in cycle II. This study has been in accordance with success indicators. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, The Application Of Scientific Approach, Audio-Visual Media

Detail Informasi