Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Tarakan

Pengarang : Mustakim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Pretest-Posttest Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan dan sampel penelitian adalah kelas VII H sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pendekatam scientific , VII I sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Discovery Learning. Keseluruhan data diperoleh berupa skor yang dianalisis dengan statistik deskriptif, uji ANAVA DUA JALUR terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan (2) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA.

This study aims to knowing the influence of learning model of Discovery Learning on science learning outcomes in terms of student learningtype of research is a quasi experiment with style.ThisPretestPosttest Only, Non-Equivalent Control Group Design. The population in this study is all students of grade VII SMP Negeri 2 Tarakan and sample the research was class VII H as control class which was taught usingapproach scientific , VII I as experiment class which was taught using the model of Discovery Learning.Alldata were obtained in the form of scores analyzed with descriptive statistic, ANAVA TWO PATH of students' cognitive learning outcomes. Based on the result of this research, it can be concluded that (1) there is influence of learning model of Discovery Learning toward science result of VII students of SMP Negeri 2 Tarakan (2) there is influence of learning style to science learning result of grade VII SMPN 2 Tarakan (3) no interaction between the learning model of Discovery Learning and the learning style of the science learning outcomes.

Detail Informasi