
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Di Kelas V-A SDN 031 Tarakan
Pengarang : Aynun Jariah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas V-A SDN 031 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 031 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 031 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki 15 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lember observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-A SDN 031 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar adalah (20,8%) dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 67% pada siklus II meningkat menjadi 79%. Ketuntasan hasil belajar afektif 71%, pada siklus II meningkat menjadi 96%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 58%, pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
The purpose of this reasearch is to increase the result of mathematic studying by using the model of cooperative studying type Two Stay Two Stray at class V-A, National Primary School 031, Tarakan. The type of research used by the reasearcher is Class Acintion Assesment (CAA) conducted at National Primary School 031, Tarakan on First Semester, Year Education of 2015/2016, using students of Class V-A, National Primary School 031, Tarakan as the subject of the reasearch involving 24 students i.e. 15 boys and 9 girls. This research was conducted in 2 cycles, each cycle consists of 3 sessions. The procedure of each cycle consists of planning, execution, observation and reflection. The data that was gathered from this research includes teacher’s activity observation records, students’ activity observation records, assesment of cognitif aspect (test of studying result), affective aspect (attitude aspect), and psycomotoric aspect (skills). The results of the research shows that by applying the learning model of Two Stay Two Stray it could increase the result of Mathematic studying of the Class V-A, National Primary School 031, Tarakan. This could be seen from the result that was achieved on each cycle, i.e. on Cycle I shows that the studying completeness was 20,8% before actions was given and it became 67% after actions was given. On Cycle II, it increase to 79%. The completeness of affective studying result on Cycle I was 71%, which increased to 96% on Cycle II. Meanwhile the result of the students psycomotoric studying result was 58% on Cycle I, which increased to 75% on Cycle II. So it could be concluded that the reasearch was succesful and complied with the succes indicator. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model Of Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray