Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di Kelas VA SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di Kelas VA SDN 017 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di Kelas VA SDN 017 Tarakan

Pengarang : Astri Anggraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks di kelas VA SDN 017 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 017 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 017 Tarakan yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 19 perempuan dan 13 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tahapan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada aspek kognitif, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VA SDN 017 Tarakan. Hasil ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar Matematika siswa kelas VA adalah 40% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 47% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dapat disimpulkan penelitian ini telah berhasil sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks

This research aims to improve the learning outcomes of Mathematics using cooperative learning model of type pair checks in VA SDN 017 Tarakan class. This type of research is used by researchers is a Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 017 Tarakan in the second semester of the school year 2016/2017, the research subject is class student of SDN 017 VA Tarakan totaling 32 students, consisting of 19 female student and 13 male student. This research was conducted in two cycles each cycle consisting of two meetings. The stages of each cycle consist of planning, action, observation and reflection. The data obtained in this research are student learning outcomes on cognitive aspects, observation sheets teacher activity and student activity observation sheet. The results showed that by applying cooperative learning model of pair checks type can improve learning outcomes of Mathematics to students of class of SDN 017 Tarakan. These results can be seen from the results obtained in each cycle, before being given the action of mastery learning Mathematics student's VA was 40% and after being given the action on the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 47% and the second cycle increased to 75%. That can be concluded this research has succeeded in accordance with indicator of success. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type Pair Checks

Detail Informasi