Pengembangan Media Cetak Berbentuk Booklet Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Plantae Untuk Siswa SMA Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Cetak Berbentuk Booklet Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Plantae Untuk Siswa SMA Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengembangan Media Cetak Berbentuk Booklet Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Plantae Untuk Siswa SMA Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengarang : Muldi Muswadi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisitik media booklet, menghasilkan media booklet yang berkualitas dari segi kelayakan menurut penilaian para ahli dan mengetahui tanggapan guru biologi dan siswa terhadap media booklet. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dibatasi pada sampai tahap implementation. Penilaian produk dilakukan 3 orang ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, serta praktisi. Uji lapangan dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Tarakan dengan menggunakan siswa kelas X MIA 2 sebanyak 38 siswa. Hasil pengembagan yaitu berupa media cetak berbentuk booklet dengan karakteristik sebagai berikut: menggunakan materi plantae dengan disertai dengan gambar dan tampilan yang menarik, menggunakan ukuran kertas A5, memiliki peta konsep, teka teki silang, dan glosarium. Hasil validasi dari ahli media 91,25% (sangat layak), ahli materi sebesar 74,66% (layak), dan praktisi sebesar 85,26% (sangat layak). Hasil respon guru biologi sebesar 90,38% (sangat baik) dan respon siswa pada uji coba lapangan sebesar 83,68% (Sangat Menarik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media cetak berbentuk booklet yang dikembangkan layak digunakan.

This research aims to know the characteristics of media booklet, produced a quality booklet in terms of feasibility according to the experts and to know biology teacher and students response about media booklet. This is research and development (R&D). The development procedure using ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research is limited to the implementation phase. Product assessment conducted by three expert, namely materials and media experts, also practitioners. The field trials conducted in Madrasah Aliyah Negeri Tarakan by using the class X MIA 2 grade as many as 38 students. The result of the development is printing media in booklet form with the following characteristics: using plantae material, accompanied by picture and attractive appearance, using A5 paper size, mind map, crossword, and glossary. Result of validation media expert was 91,25 % (very feasible), material expert was 74,66% (feasible), and practitioners was 85,26% (very feasible). The results of responses by biology teacher was 90,38% (very good) and student’s responses in field trials was 83,68% (very interesting). The concluded of the printing media in booklet form is feasibility.

Detail Informasi