Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Rangka Manusia Kelas IV SDN 050 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Rangka Manusia Kelas IV SDN 050 Tarakan

Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Rangka Manusia Kelas IV SDN 050 Tarakan

Pengarang : Anita Markus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains serta menghasilkan instrumen tes berbasis keterampilan proses sains yang berkualitas ditinjau dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas pengecoh pada materi rangka manusia untuk kelas IV SDN 050 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development desain Formative Evaluation (Tessmer dalam Rahayu, 2008). Subjek penelitian adalah kelas IV. Hasil penelitian terdapat 30 butir soal berupa pilihan ganda. Tahap awal yang dilakukan yaitu validasi ahli yang pertama validasi ahli isi sebesar 80% dalam kategori layak, yang kedua validasi ahli konstruk sebesar 80% dalam kategori layak, yang ketiga validasi ahli bahasa sebesar 93% dalam kategori sangat layak. Uji coba one-to-one dilakukan bersamaan dengan validasi ahli (expert review). Pada uji coba one-to-one memperoleh respon siswa sebesar 83% dalam kategori efektif. Berdasarkan masukan dari tim ahli, item soal yang belum sesuai diperbaiki dan dilanjutkan dengan uji coba small group. Hasil uji coba small group yaitu berupa respon siswa sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan masukan dan komentar small group instrumen tes diperbaiki dan dilakukan uji coba lapangan (field test) pada 60 siswa kelas IV SDN 050 Tarakan. Hasil analisis dengan menggunkana program SPSS 21 menunjukkan 24 butir pertanyaan dalam kategori valid, nilai reliabilitas yaitu r11 = 0,650 > rtabel = 0,254 dalam kategori tinggi dalam kriteria reliabilitas. Data analisis menggunakan program AnatesV4 menunjukkan tingkat kesukaran dengan kriteria mudah sejumlah 1 item soal (3,3%), kriteria sedang sejumlah 26 item soal (86,7%), kriteria sukar sejumlah 3 item soal (10%), daya beda dengan kriteria jelek sejumlah 4 soal (3,33%), daya beda dengan kriteria cukup sejumlah 14 soal (46,67%), daya beda dengan kriteria baik sejumlah 9 soal (30%), daya beda dengan kriteria baik sekali sejumlah 3 soal (10%), dan menghasilkan pengecoh efektif sebanyak 26 item soal (86,7%).

Kata Kunci: Pengembangan Instrumen Tes, Keterampilan Proses Sains, Rangka Manusia

This study aims to describe the validity and reliability of science-based skills test instruments as well as to produce quality test-based science skills test instruments in terms of difficulty level, distinguishing power and quality of spotters on materials for human frame for class IV SDN 050 Tarakan. The type of research used is Research and Development design Formative Evaluation (Tessmer in Rahayu, 2008). The subject of the study was class IV. The result of the research is 30 item in the form of multiple choice. The first stage of expert validation is the first validation of the content experts of 80% in effective category, the second validation of the construction expert of 80% in effective category, the third validation of linguists by 93% in the very effective category. One-to-one trials are conducted simultaneously with expert validation. In one-to- one trials student’s response of 83% in the effective category. Based on input from the team of expert, the items that are not suitable are corrected and continued with small group trial. The results of small group trials in the form of student responses by 89% included in the category very effective. Based on the inputs and comments of small group of test instruments improved and then field test was conducted on 60 students of grade IV SDN 050 Tarakan. Result of analysis by using SPSS 21 program showed 24 item in valid category, reliability value that is r11=0,650 > rtabel=0,254 in high category in criterion of reliability. Data analysis using AnatesV4 program showed difficulty level with easy criteria of 1 items about (3,3%), medium criterion 26 items about (86,7%), difficult criterion 3 items about (10%), different with bad 4 item about (3.33%), different power with sufficient criteria 14 items about (46.67%), different with good criterion 9 items about (30%), different with very good criterion 3 items about (10 %), produces effective deception as many as 26 items about (86.7%). Keywords: Development of Testing Instrument, Skills of Science Process, Human Frame

Detail Informasi