
Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Di Kelas IV SDN Gugus I Bunyu
Pengarang : Anisa Cahya Utami - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas IV SDN Gugus I Bunyu. Desain penelitian ini adalah Nonquivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas IV pada SDN Gugus I Bunyu dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A SDN 001 Bunyu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 006 Bunyu sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa diperoleh thitung 3,713 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 33 diperoleh 1,6924 berarti thitung > ttabel. Hasil uji Independent sample t-test terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan Pembelajaran Konvensional ditinjau dari hasil belajar IPA siswa diperoleh thitung 1,948 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 33 diperoleh 1,6924 berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunaan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA
This study is quasi experimental research that was aimed to find out the influence of Teams Games Tournament (TGT) on motivation and science learning achievement of fourth graders at SDN Gugus I Bunyu. The research design was nonequivalent control group with fourth graders at SDN Gugus I as the population. This population consists of two classes which are experimental class (SDN 001 Bunyu) and control class (SDN 006 Bunyu). The sample was selected using simple random sampling. The data that has been obtained then was analyzed using descriptive and inferential statistic on SPSS 21 for windows. The result showed that the experimental class that was treated using Teams Games Tournament (TGT) achieved higher motivation and science learning achievement compared to the control class that was treated using conventional teaching model. The result on the influence of TGT and conventional model on motivation based on motivation showed that the tvalue is 3,713 for significancy 0,05 and degree of freedom 33 has ttable 1,6924 which mean that tvalue > ttable on the other hand, the t-test result for the influence of TGT model on science learning result showed that the tvalue is 1,948 on significance 0,05 and degree of freedom 33 and ttable is 1,6924, which means that tvalue > ttable. Thus, the influence of Teams Games Tournament (TGT) impact on motivation and science learning achievement. Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Learning Motivation, Science Learning Achievement