Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V MI Al-Fatah Pada Materi Alat Pernapasan Manusia | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V MI Al-Fatah Pada Materi Alat Pernapasan Manusia

Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V MI Al-Fatah Pada Materi Alat Pernapasan Manusia

Pengarang : Aisyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains serta menghasilkan kualitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains diinjau dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas pengecoh pada materi alat pernpasan manusia untuk kelas V MI Al-Fatah Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development desain Formative Evaluation (Tessmer dalam Syutaridho,dkk 2012). Subjek penelitian adalah Kelas V. Hasil Penelitian terdapat 30 butir soal berupa pilihan ganda. Tahap awal yang dilakukan yaitu validasi ahli yang pertama validasi ahli isi sebesar 93% dalam kategori sangat layak, yang kedua validasi ahli konstruk sebesar 79.5% dalam kategori layak, yang ketiga validasi ahli bahasa sebesar 85.7% dalam kategori layak. Uji coba one-to-one dilakukan bersamaan dengan validasi ahli (expert review).Pada uji coba one-to-one memperoleh respon siswa sebesar 92.5% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan masukan dari tim ahli selanjutnya item soal yang belum sesuai perlu diperbaiki, setelah itu dilakukannya uji coba small group. Hasil uji coba small group yaitu berupa respon siswa sebesar 90% termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan masukan dan komentar small group instrumen tes diperbaiki dan selanjutnya dilakukannya uji coba lapangan (field test) pada 50 siswa kelas V MI Al-Fatah Tarakan. Hasil analisis dengan menggunkana program SPSS 21 menunjukkan 22 butir pertanyaan dalam kategori valid, nilai reliabilitas yaitu r11 = 0,792 > rtabel = 0,279 dalam kategori tinggi dalam kriteria reliabilitas. Data analisis menggunakan program AnatesV4 menunjukkan tingkat kesukaran dengan kriteria mudah sejumlah 11 item soal (36.67%), kriteria sangat mudah sejumlah 2 item soal (6.66%), kriteria sedang sejumlah 17 item soal (56.67%), daya beda dengan kriteria jelek sejumlah 9 soal (30%), daya beda dengan kriteria cukup sejumlah 5 soal (16.6%), daya beda dengan kriteria baik sejumlah 8 soal (26.66%), daya beda dengan kriteria baik sekali sejumlah 8 soal (26.66%), dan menghasilkan pengecoh efektif sebanyak 19 item soal (63.3%).

Kata Kunci: Pengembangan Instrumen Tes, Keterampilan Proses Sains, IPA

This study aims to describe the validity and reliability of science-based skill-based test instruments and produce quality test-based science skill test instruments in terms of difficulty level, distinguishing power and quality of spotters on materials for human velvet for class V MI Al-Fatah Tarakan. The type of research used is Research and Development design Formative Evaluation (Tessmer in Syutaridho, et al 2012). The subject of the study was Class V. The results of the research were 30 items in the form of multiple choice. The first stage of expert validation is the first validation of content experts of 93% in very reasonable categories, the second validation of construction experts of 79.5% in the eligible category, the third validation of linguists by 85.7% in the eligible category. One-to-one trials are conducted simultaneously with expert validation. In one-to-one trials a student's response of 92.5% in the category is very feasible. Based on input from the team of experts next item of the problem that has not been suitable needs to be improved, after that do for small group trial. The results of small group trials in the form of student responses by 90% included in the category is very feasible. Based on the inputs and comments of small groups of test instruments improved and then field test was conducted on 50 students of grade V MI Al-Fatah Tarakan. Result of analysis by using SPSS 21 program showed 22 items in valid category, reliability value that is r11 = 0,792 > rtabel = 0,279 in high category in criterion of reliability. Data analysis using AnatesV4 program showed difficulty level with easy criteria of 11 items about (36.67%), very easy criteria of 2 items about (6.66%), medium criterion 17 items about (56.67%), different with bad criteria 9 (26%), different power with good criteria of 8 (26.66%),and produces effective deception As many as 19 items about (63.3%). Keywords: Development of Testing Instruments, Skills of Science Process, Science

Detail Informasi