
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Role Play Materi Virus Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Muhlis - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Role Play Materi Virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran. Prosedur pengembangan yang dilakukan merupakan adaptasi tahap-tahap pengembangan Four-D, yaitu design, define, develop, dan dessiminate. Pelaksananaan penelitian ini hanya sampai pada validasi produk langkah pertama tahap develop sehingga tidak dilakukan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kevalidan produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan. berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran oleh 3 validator ahli, diperoleh penilaian dengan skor persentase sebesar 79% dengan kriteria Valid.
This study aims to determine the validity of Biology Learning Devices Based on Role Play Virus Material. This research is a research and development research. Learning device products developed in this study are learning implementation plans. The development procedure carried out is an adaptation of the stages of Four-D development, namely design, define, develop, and dessiminate. The implementation of this research only arrived at the product validation step one of the develop phase so that the product was not tested. The results of the study show the validity quality of the learning device products produced. based on the results of the validation of the learning device by 3 expert validators, it was obtained an assessment with a percentage score of 79% with the Valid criteria.