Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Tahu Dan Tempe Di Pasar Induk Desa Malinau Hilir Kabupaten Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Tahu Dan Tempe Di Pasar Induk Desa Malinau Hilir Kabupaten Malinau

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Tahu Dan Tempe Di Pasar Induk Desa Malinau Hilir Kabupaten Malinau

Pengarang : Danny Ramadhan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perilaku konsumen pada hakikatnya untuk memahami Mengapa konsumen melakukan dan apa yang mereka lakukan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen tahu dan tempe di Pasar Induk Kabupaten Malinau (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam membeli tahu dan tempe di Pasar Induk Kabupaten Malinau. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu sampling kebetulan (insidental/accidental sampling) dengan sebanyak 50 responden. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan proses (pengumpulan data, kuesioner, wawancara, studi pustakadan dokumentasi) dan kuantitatif menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen terdiri dari jenis kelamin wanita yang bekerja sebagai rumah tangga, dominan usia yaitu usia 31 – 40 tahun dan tingkat pendidikan dominan yaitu sarjana. Model persamaan regresi linier berganda ini menunjukan bahwa faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh Y = 3,470+0,096X1+0,279X2-0,074X3+0,508X4+e. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel independent (X) berpengaruh nyata terhadap variabel dependent (Y) yang artinya input yang digunakan memberikan pengaruh nyata terhadap pembelian tahu dan tempe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,743 yang berarti bahwa 74,3% menunjukan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara pasrsial (uji t) variabel sosial (X2) dan psikologis (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kebudayaan (X1) dan pribadi (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan nilai signifikannya > 0,05.
Kata Kunci: Keputusan, Malinau, Pembelian, Tahu, Tempe

Consumer behavior is essentially to understand why consumers do and what they do. The objectives of this study were (1) To describe the characteristics of tofu and Tempe consumers in Induk Market of Malinau Regency. (2) To analyze the factors that influence consumer decision making in buying tofu and Tempe in Induk Market of Malinau Regency. The sampling method in this study used a non-probability sampling technique, namely incidental sampling with 50 respondents. This study used a qualitative research with a process of data collection (questionnaires, interviews, literature studies and documentation) and the quantitative research used multiple linear regression methods. The results of this study showed that consumer characteristics were gender of women who worked as households, dominant age namely the age of 31-40 years and the dominant level of education namely undergraduates. The model of the multiple linear regression equation obtained was Y-3,470 +0,096X1+0,279X2-0,074X3 +0,508X + e. The results of the F-test showed that simultaneously all independent variables (X) had a real effect on the dependent variable of (Y), which means that the cultural, social, personal, and psychological factors used had a real influence on the purchase of tofu and Tempe. The results of this study showed that the R-square value of 0.743 which means that 74.3% showed that cultural, social, personal, and psychological factors influenced the purchase of decision process, while the remaining of 25.7% was influenced by other factors that were not included in this study. Partially, (t-test) of social (X2) and psychological (X4) variables had a significant effect on purchasing decisions Meanwhile, cultural (X1) and personal (X3) variables did not have a significan effect on purchasing decisions because the significant value was >0.05. Keywords: Decision, Malinau, Purchase, Tofu, Tempe

Detail Informasi