Tingkat Kepuasan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini Kampung 6 Kota Tarakan Terhadap Program CSR PT. Pertamina EP Asset 5 Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Tingkat Kepuasan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini Kampung 6 Kota Tarakan Terhadap Program CSR PT. Pertamina EP Asset 5 Di Kota Tarakan

Tingkat Kepuasan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini Kampung 6 Kota Tarakan Terhadap Program CSR PT. Pertamina EP Asset 5 Di Kota Tarakan

Pengarang : HERTI ZULIPAH APRIANI - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep yang menjelaskan bahwa berdirinya suatu perusahaan harus memperhatikan lingkungan sekitar perusahaan yakni masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui Program CSR yang dilakukan oleh PT.Pertamina EP Asset 5 Di Kota Tarakan dan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Kelompok Wanita Tani (KWT) terhadap program CSR yang dilakukan oleh PT.Pertamina EP Asset 5 Di Kota Tarakan. Untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini adalah dengan metode kualitatif Deskriptif dengan 5 pendekatan: 1.pemungkinan, 2. Penguatan, 3. Perlindungan, 4. Penyokongan dan 5. pemeliharaan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan menggunakan perhitungan skoring (skor) menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pemungkinan proses pemberdayaan sehingga menciptakan kesejahteraan bagi para anggota Kelompok Wanita Tani (KWT). Penguatan memperkuat pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki anggota kelompok wanita tani (KWT) Kartini sehingga dapat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Perlindungan mampu mengembangkan kemampuan dan pengetahuan anggota kelompok tani sehingga dalam persaingan usaha mereka mampu bertahan dan tetap berjiwa wirausaha. Penyokongan mendukung usaha taninya dan mengevaluasi kelayakan bantuan bantuan yang diberikan kepada kelompok wanita tani (KWT). Pemeliharaan mempromosikan hasil usahanya melalui kegiatan/acara pameran yang bertujuan unutk menjaga kestabilan hasik usaha dan semakin berkembanh dipasaran. . Tingkat kepuasan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini terhadap program pemberdayaan yang terdiri dari indikator Kualitas program pemberdayaan, waktu pelaksanaan program pemberdayaan dan dampak program pemberdayaan memiliki nilai indeks 8 yang termasuk pada kategori sangat puas.
Kata Kunci: CSR, Tingkat Kepuasan, Kelompok Wanita Tani

Corporate Social Responsibility (CSR) is a concept that explains that the establishment of a company must pay attention to the environment around the company, namely the community. The objective of the research was to find out how the process of empowering a women farmer group (KWT) through a CSR program carried out by PT. Pertamina EP Asset 5 in Tarakan and to determine the satisfaction level of the group. The researcher used a descriptive qualitative method with 5 approaches: possibility, reinforcement, protection, support and, maintenance. To measure the level of satisfaction, the researcher used a scoring calculation (score) with a Likert scale. The results of the research indicated that the possibility of an empowerment process to create welfare for the members of the women farmers group. This program is to strengthen the knowledge and abilities of the members, so that they can solve problems and meet their needs. A protection is able to develop the capabilities and knowledge of farmer group members to survive and remain entrepreneurial in the competition. A support is to help their business and evaluate the appropriateness of the assisting measures. Maintenance promotes its business results through exhibitions aimed at maintaining the stability of business results and growing in the market. Based on the analysis, the satisfaction of the members for the women farmer group to the empowerment program has an index value of 8, included in the category of very satisfied. Keywords: CSR, Satisfaction Level, Women Farmer Group

Detail Informasi