
Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas
Pengarang : Ardiansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar persentase dari masing-masing kesulitan belajar siswa pada operasi bilangan dalam menyelesaikan soal cerita dikelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobability Sampling denan jenis teknik sampling Purposive Sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dimana jumlah siswa yang dijadikan sampel 26 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa yang paling besar persentsenya rata-rata skornya untuk siswa SMP Negeri 2 Tanjung Palas adalah pada indikator operasi sebesar 38,72% yaitu kategori tinggi, diikuti prinsip sebesar 43,59%, yaitu kategori tinggi konsep sebesar yaitu kategori tinggi 48,46%, dan fakta sebesar 62,05% yaitu kategori rendah.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Operasi Hitung Bilangan
This study aims to find out how much percentage of each student's learning difficulties at number operations in solving the story problems in class VIII of Tanjung Palas State Middle School 2. This research was conducted in the odd semester of 2018/2019. This type of research is quantitative. The sampling technique used by Nonprobability Sampling with the type of Purposive Sampling sampling technique is the determination of samples with certain considerations, where the number of students sampled is 26 students. The results showed that the student learning difficulties with the highest percentage average score for students of Tanjung Palas 2 Public Middle School were operating indicators of 38.72%, which is a high category, followed by a principle of 43.59%, namely a high category of concepts that is category height of 48.46%, and facts of 62.05%, namely low category. Keywords: Student Learning Difficulties, Count Numbers Operations