
Penerapan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-B SDN 003 Tarakan
Pengarang : Yuni Pabintan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Yaitu Menerapkan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 003 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian, 38 Siswa Yang Terdiri Dari 21 Siswa Laki-Laki Dan 17 Siswa Perempuan. Penelitian Dilaksanakan2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Rosedur Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Yaitu Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Guru, Penilaian Kreativitas Siswa, Penilaian Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 003 Tarakan. Siklus I Ketutasan Kreativitas 61%, Siklus II Menjadi 84%. Siklus I Hasil Belajar Siswa (Kognitif) 55%, Siklus II Menjadi 79%. Siklus I Hasil Belajar Siswa (Afektif) 66%, Siklus II Meningkat Menjadi 84%. Siklus I Hasil Belajar Siswa (Psikomotorik) 63%, Siklus II Meningkat Menjadi 82%. Maka Penelitian Dikatakan Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Audio Visual, Kreativitas, Hasil Belajar, IPA
The Purpose Of This Research Is To Apply Mind Mapping Method Assisted Audio Visual Media To Improve Creativity And Learning Outcomes Of Science Students Of Class V-B SDN 003 Tarakan. The Type Of Research Used Is Classroom Action Research (PTK). Research Subjects, 38 Students Consisting Of 21 Male Students And 17 Female Students. The Study Was Conducted 2 Cycles Per Cycle Consisting Of 2 Meetings. The Roses Of Each Cycle Are Planning, Action, Observation, And Reflection. The Data Obtained In This Research Are Student Activity Observation Sheet, Observation Sheet Of Teacher Activity, Student Creativity Assessment, Cognitive, Affective, And Psychomotor Assessment. The Result Of The Research Shows That Mind Mapping Method Supported By Audio Visual Media Can Improve The Creativity And Learning Outcome Of Science Students Of V-B Grade SDN 003 Tarakan. Cycle I Creativity Completeness 61%, Cycle II To 84%. Cycle I Student Learning Outcomes (Cognitive) 55%, Cycle II To 79%. Cycle I Student Learning Outcomes (Affective) 66%, Cycle II Increased To 84%. Cycle I Student Learning Outcomes (Psychomotor) 63%, Cycle II Increased To 82%. So Research Is Said To Have Succeeded And In Accordance With Success Indicators. Keywords: Mind Mapping Method, Audio Visual, Creativity, Learning Result, Science