Penerapan Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar Berbasis Tarian Budaya Dayak Kenyah Uma’lasan Meceq Ubek-Meceq Utat Di Kalimantan Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar Berbasis Tarian Budaya Dayak Kenyah Uma’lasan Meceq Ubek-Meceq Utat Di Kalimantan Utara

Penerapan Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar Berbasis Tarian Budaya Dayak Kenyah Uma’lasan Meceq Ubek-Meceq Utat Di Kalimantan Utara

Pengarang : Samriati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Penerapan Pembelajaran (Learning Cycle) Berbasis Budaya, Dan Melihat Hasil Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Tiga Aspek (Afektif, Psikomotorik, Dan Kognitif) Di SDN 002 Tanjung Palas Barat. Fokus Penelitian Ini Adalah Penerapan Pembelajaran Sains Disekolah Dasar Berbasis Tarian Budaya Dayak Kenyah Uma’Lasan Medeq Ubeq-Meceq Utat Di Kalimantan Utara.
Pendekatan Dan Jenis Penelitian Ini Adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian Ini Di Laksanakan Pada Bulan Maret 2018 Yang Dilaksanakan Di SDN 002 Tanjung Palas Barat Tahun 2017/2018. Informan Dalam Penelitian Ini Ada 3 Peserta Didik (Dengan Kemampuan Tinggi, Sedang, Dan Rendah), 2 Guru, Dan 1 Kepala Adat. Teknik Pengumpulan Data Penelitian Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisi Data Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Teknik Keabsahan Dalam Penelitian Ini Adalah Triangulasi Teknik Dan Sumber Data, Triangulasi Waktu.
Berdasarkan Hasil Penelitian Bahwa Pada Dimensi Penerapan Pembelajaran Sains (Learning Cycle) Berbasis Tarian Budaya Meceq Ubeq-Meceq Utat Pada Materi Energi Bunyi, Peserta Didik Mampu Mengikuti Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Ini Peserta Didik Lebih Aktif Dalam Kelas. Dimensi Kedua Yaitu Hasil Belajar Ditinjau Dari Tiga Aspek (Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik). Peserta Didik Mampu Menyelesaikan Soal Uraian, Mampu Mempraktekkan Energi Bunyi Berbasis Tarian Budaya Dayak Kenyah, Namun Ada Peserta Didik Dengan Kemampuan Rendah Mengalami Kesulitan Menyelesaikan Soal Dengan Benar.

Kata Kunci: Soal Uraian, Pembelajaran IPA Berbasis Tarian Budaya

This Study Aims To Determine The Application Of Learning (Learning Cycle) Based On Culture, And See The Learning Outcomes Of Learners In Terms Of Three Aspects (Affective, Psychomotor, And Cognitive) In SDN 002 Tanjung Palas Barat. The Focus Of This Research Is The Application Of Science Teaching In Elementary School Based On The Dance Culture Of Dayak Kenyah Uma'Lasan Meceq Ubeq-Meceq Utat In North Kalimantan. The Approach And Type Of This Research Is Descriptive Qualitative. This Research Was Conducted In March 2018 Which Was Conducted At SDN 002 Tanjung Palas Barat In 2017/2018. Informants In This Study There Are 3 Students (With High Ability, Moderate, And Low), 2 Teachers, And 1 Head Of Custom. Techniques Of Collecting Research Data Are Interview, Observation, And Documentation. Techniques Of Data Analysis Of This Research Is Data Reduction, Data Presentation And Conclusion. Technique Validity In This Research Is Triangulation Technique And Data Source, Time Triangulation. Based On The Results Of Research That On The Dimensions Of The Application Of Learning Science (Learning Cycle) Based Culture Meceq Ubeq-Meceq Utat On The Sound Energy Materials, Learners Are Able To Follow The Learning By Using This Model More Active Learners In The Classroom. The Second Dimension Is Learning Outcomes In Terms Of Three Aspects (Cognitive, Affective, And Psychomotor). Students Are Able To Solve The Problem Description, Able To Practice Sound Sounds Based On Dayak Cult Dance, But There Are Learners With Low Ability To Have Difficulty Solving The Problem Correctly. Keywords: About The Description, Science-Based Science Teaching Dance

Detail Informasi