Penerapan Manajemen Pembelajaran Di SDN 005 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Manajemen Pembelajaran Di SDN 005 Tarakan

Penerapan Manajemen Pembelajaran Di SDN 005 Tarakan

Pengarang : Rismawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus Pada Penelitian Ini Adalah Penerapan Manajemen Pembelajaran Di SDN 005 Dan Faktor Penghambat Penerapan Manajemen Pembelajaran. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif Yang Dilaksanakan Di SDN 005 Tarakan Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sumber Penelitian Adalah Data Primer Dan Data Sekunder. Informan Pada Penelitian Ini Adalah Pengawas Sekolah, Kepada Sekolah, Guru Kelas I, Guru Kelas IV Dan Siswa Kelas I Dan Siswa IV. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Pada Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan Analisis Data Dan Pembahasan Hasil Penelitian Pada Fokus Pertama Yaitu Penerapan Manajemen Pembelajaran Di SDN 005 Tarakan Dapat Diketahui Bahwa Penerapan Manajemen Pembelajaran Guru Melaksanakan Perencanaan Pembelajaran Yang Meliputi Menyusun Silabus Dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran Yang Meliputi Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti Dan Kegiatan Penutup Dan Evaluasi Pembelajaran Meliputi Evaluasi Formatif Dan Evaluasi Sumatif. Fokus Kedua Yaitu Faktor Pengahambat Penerapan Manajemen Pembelajaran Yang Dilihat Dari Faktor Internal Yang Dipengaruhi Faktor Kesehatan, Minat, Motivasi, Bakat Dan Faktor Eksternal Yang Dipengaruhi Oleh Faktor Siswa Serta Alat/Media Pengajaran. Alat Dan Media Pembelajaran Yang Masih Terbatas Dapat Menghambat Penerapan Manajemen Pembelajaran Di Sekolah Dan Faktor Siswa Juga Akan Menghambat Penerapan Manajemen Pembelajaran Yang Dimana Siswa Tidak Bisa Melakukan Kerja Sama Yang Baik Terhadap Guru.

Kata Kunci: Penerapan, Manajemen, Pembelajaran

The Focus Of This Research Is The Application Of Learning Management In SDN 005 And The Inhibiting Factors Of Applying Learning Management. The Type Of Research Used Is Descriptive Qualitative Research Conducted At SDN 005 Tarakan In The Academic Year 2017/2018. Sources Of Research Are Primary Data And Secondary Data. Informants In This Study Were School Supervisors, To Schools, Class I Teachers, Grade 4 Teachers And Students Of Class I And Students IV. Data Collection Techniques In This Study Are Interviews, Observation, And Documentation. Data Analysis Technique In This Research Is Data Reduction, Data Presentation, And Conclusion. Based On The Data Analysis And Discussion Of Research Results At The First Focus Is The Application Of Learning Management In SDN 005 Tarakan It Can Be Seen That The Implementation Of Teacher Learning Management Carry Out Learning Planning That Includes Preparing The Syllabus And Preparing The Implementation Plan Of The Chase, The Implementation Of Learning That Includes Preliminary Activities, Core Activities And Closing Activities And Evaluation Of Learning Includes Formative Evaluation And Summative Evaluation. The Second Focus Is The Impediments Of The Implementation Of The Management Of Learning Which Is Seen From Internal Factors Influenced By Health, Interest, Motivation, Talent And External Factors Influenced By Students Factor And Teaching Tool/Media. Learning Tools And Media Are Still Limited Can Hinder The Implementation Of Learning Management In School And Student Factors Will Also Hamper The Implementation Of Management Learning In Which Students Can Not Do A Good Cooperation Of Teachers. Keywords: Implementation, Management, Learning

Detail Informasi