Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas V-A SD Negeri 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas V-A SD Negeri 031 Tarakan

Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas V-A SD Negeri 031 Tarakan

Pengarang : Ratna Dwi Astuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Jenis-Jenis Kesalahan Siswa Pada Pengerjaan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas V-A SD Negeri 031 Tarakan. Fokus Penelitian Ini Adalah Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif Yang Dilaksanakan Di SDN 031 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018.
Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Menunjukkan BahwaKesalahan Yang Sering Diakukan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika (1)Dalam Kesalahan Membaca Soalsiswa-Siswi Kelas V-A Sudah Dapat Membaca Dengan Baik Soal Test Yang Dibagikan Untuk Dikerjakan, (2) Dalam Kesalahan Memahami Soal Siswa-Siswi Kelas V-A Sudah Dapat Dapat Memahami Masalah Dalam Soal Dengan Baik, (3) Dalam Kesalahan Mentranformasi Siswa-Siswi Kelas V-A, Sudah Dapat Dapat Mengubah (Mentransformasi) Hal-Hal Yang Diketahui Dalam Soal Menjadi Dalam Menjawab Soal Test Yang Dibagikan, (4) Dalam Kesalahan Memproses Siswa-Siswi Kelas V-A Di SDN 031 Tarakan Belum Mampu Memproses Soal Test Yang Diberikan Untuk Mendapatkan Informasi Yang Dibutuhkan Guna Menjawab Soal Tersebut, (5) Dalam Kesalahan Penulisan Siswa-Siswi Kelas V-A Masih Sering Melakukan Kesalahan Dalam Penulisan Jawaban. Seperti Menuliskan Jawaban Akhir Dalam Lembar Jawaban, Dan Sering Lupa Dalam Menuliskan Satuan Sesuai Dengan Perintah Dalam Soal Dalam Lembar Jawabanya.

Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika

The Purpose Of This Study Is For The Types Of Students' Errors In Working On The Math Subject Matter Of Grade V-A At SD Negeri 031 Tarakan. The Focus Of This Research Is Students' Mistakes In Solving Story Problems. The Type Of Research Used Is Qualitative Research. Descriptive Conducted At SDN 031 Tarakan 2017/2018 School Year. Based On The Results Of This Study Indicate That The Errors Often Made By Students In Working On Story Questions In Mathematics Subjects (1) In Reading The Questions Of VA Students Have Been Able To Read Well The Test Questions That Are Shared To Do, (2) In Error Understanding The Problem VA Class Students Have Been Able To Understand The Problem In The Problem Well, (3) In Error Transforming VA Class Students, It Can Be Able To Change (Transform) The Things That Are Known In The Problem To Be In Answering The Test Questions Distributed, ( 4) In Processing Errors Students Of VA Class At SDN 031 Tarakan Have Not Been Able To Process The Test Questions Given To Get The Information Needed To Answer The Question, (5) In Writing The VA Class Students Still Make Mistakes In Writing Answers. Like Writing The Final Answer In The Answer Sheet, And Often Forgetting To Write The Unit According To The Command In The Question In The Answer Sheet. Keywords: Student Errors, Mathematical Story Problems

Detail Informasi