Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV B Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Di SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV B Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Di SDN 033 Tarakan

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV B Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Di SDN 033 Tarakan

Pengarang : Rahmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran. Penelitian Ini Dilakukan Di SDN 033 Tarakan Pada Kelas IV-B. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif Yang Dilaksanakan Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sumber Penelitian Adalah Data Primer Dan Data Sekunder. Informan Pada Penelitian Ini Adalah Guru Kelas IV-B, Dan Siswa Kelas IV-B Yang Berkemampuan Tinggi, Sedang Dan Rendah. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Pada Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan Hasil Penelitian Dengan Adanya Model Pembelajaran Cooperative Sciprt Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Karena Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Ini, Siswa Lebih Aktif Dalam Pembelajaran Dan Dapat Memberikan Ruang Bagi Siswa Untuk Melatih Daya Berpikir Kritisnya. Proses Pembelajaran Yang Menyenangkan Merupakan Salah Satu Faktor Yang Dapat Menunjang Keberhasilan Dan Cara Berpikir Kritis Siswa Dalam Sebuah Pembelajaran, Kearena Ketika Pembelajaran Di Lakukan Dengan Cara Yang Menyenangkan Maka Materi Yang Dipelajari Akan Mudah Dipahami Dan Dimengerti Oleh Siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Cooperative Script

This Research Aims To Know The Critical Thingking Ability Of Students In Learning Through Sciens Lesson. This Research Was Done On SDN 033 Tarkan At Class IV-B. Types Of Research In The Use Of Qualitative Descriptive Study Wich Funded On The School Year 2017/2018. Source Of Research Is The Primary Data And Secondary Data. Informants In This Study Is A First Grade Teacher And Student Class IV-B Capable Of High, Medium And Low. Data Collection Techniques In The Study Was The Reduction Of The Data, The Presentation Of The Data And The Withdrawal Of The Conclusion. Based On The Results Of The Study With A Model Cooperative Learning Scripts Can Enhance Yout Critical Thinking Abilities Of Students. Because The Cooperative Learning Model By Using This Script, Students More Active In Learning And Can Provide Space For Students To Practice Critical Thinking Resources. A Fun Learning Process One The Factors That Can Support The Success And How To Think Critically In A Student’s Learning, Because When Learning In A Fun Way To Do With The Learnt Material Then Will Easy To Understand And In Understanding By Students. Keywords: Critical Thinking Ability Of Students, Natural Science, Cooperative Learning Model Script

Detail Informasi