Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas V-3 SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas V-3 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas V-3 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Rahmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Penjajahan Bangsa Eropa Di Indonesia Dan Perlawanan Di Berbagai Daerah Pada Subjek PTK Siswa Kelas V-3 SDN 018 Tarakan. Penelitian Tidakan Kelas (PTK) Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Masing-Masing Terdiri Dari 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes Dan Non-Tes. Instrumen Pengumpulan Data Yang Diguakan Adalah Tes Hasil Belajar, Lembar Observasi Afektif, Lembar Observasi Psikomotorik, Lembar Pengamatan Aktivitas Guru Dan Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran.
Persentase Ketuntasan Secara Klasikal Pada Siklus I Sebesar 70% Menjadi 94% Pada Siklus II, Ranah Afektif Dari 85% Pada Siklus I Menjadi 94% Di Siklus II, Ranah Psikomotorik Dari 76% Pada Siklus I Menjadi 91% Pada Siklus II, Observasi Aktivitas Guru Pada Siklus I Dengan Rata-Rata 75 Menjadi 95 Pada Siklus II Dan Observasi Aktivitas Siswa Pada Siklus I Dengan Rata-Rata 67 Menjadi 79 Pada Siklus II. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V-3 SDN 018 Tarakan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Kooperatif, Tipe Make A Match

This Study Aims To Improve The Learning Outcomes Of IPS Learning On European Colonization Material In Indonesia And Resistance In Various Regions In The Subject Of PTK Students Of Class V-3 SDN 018 Tarakan. The Classroom Action Research (PTK) Is Implemented In 2 Cycles, Each Consisting Of 4 Stages Of Planning, Implementation, Acting, Observation, And Reflection. Data Collection Techniques Used Are Tests And Non-Tests. Data Collection Instruments Used Were Learning Outcome Tests, Affective Observation Sheets, Psychomotor Observation Sheets, Observation Sheets Of Teacher Activities And Student Activities In The Learning Process. Classical Completeness Percentage In Cycle I Is 70% To 94% In Cycle II, Affective Domain From 85% In Cycle I To 94% In Cycle II, Psychomotor Domain From 76% In Cycle I To 91% In Cycle II, Observation Of Teacher Activity On Cycle I With An Average Of 75 To 95 In Cycle II And Observation Of Student Activity In Cycle I With An Average Of 67 To 79 In Cycle II. The Implementation Of Cooperative Learning Model Type Make A Match In Social Studies Learning For Students Of Class V-3 SDN 018 Tarakan Can Improve Student Learning Outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Model, Type Make A Match

Detail Informasi