Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan

Pengarang : Putri Wulandari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan.
Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilaksanakan Di MI Al-Fatah Tarakan Pada Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan Yang Berjumlah 21 Siswa Dengan Siswa Laki-Laki Berjumlah 13 Siswa Dan Perempuan Berjumlah 8 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 3 Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Prosedur Tiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Meliputi Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Guru, Penilaian Aspek Kognitif, Aspek Afektif, Dan Aspek Psikomotorik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV-B MI Al-Fatah Tarakan. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Yang Diperoleh Pada Setiap Siklus, Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif 73% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 62% Dan Pada Siklus III Meningkat Menjadi 91%. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Afektif 62% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 81% Dan Pada Siklus III Meningkat Menjadi 95%. Kemudian Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Psikomotorik 62% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 76% Dan Pada Siklus III Meningkat Menjadi 100%. Maka Dapat Dikatakan Bahwa Penelitian Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.

Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

The Purpose Of This Study Is To Improve The Learning Outcomes Of IPS Subjects Using Model Of Cooperative Learning Type Make A Match On Grade IV-B Students MI Al-Fatah Tarakan. The Type Of Research Used Is Class Action Research (PTK) Conducted At MI Al-Fatah Tarakan In Second Semester Of Academic Year 2017/2018. The Subjects Of The Study Were The Students Of Grade IV-B MI Al-Fatah Tarakan With 21 Students And 13 Male And 8 Female Students. This Study Was Conducted In 3 Cycles, Each Cycle Consisted Of 2 Meetings. The Procedure Of Each Cycle Consists Of Planning, Action, Observation, And Reflection. Data Obtained In This Research Include Observation Sheet Of Student Activity, Observation Sheet Of Teacher Activity, Cognitive Aspect Assessment, Affective Aspect, And Psychomotor Aspect. The Results Showed That By Using Model Of Cooperative Learning Type Make A Match Can Improve Learning Result Of IPS Student Of Grade IV-B MI Al-Fatah Tarakan. This Can Be Seen From The Results Obtained In Each Cycle, In The Cycle I Mastery Of Student Learning Outcomes Cognitive Aspects 73% In The Second Cycle Increased To 62% And In The Third Cycle Increased To 91%. In The First Cycle Of Students' Learning Achievement The Affective Aspects Of 62% In Cycle II Increased To 81% And In The Third Cycle Increased To 95%. Then In The Cycle I Mastery Of Students' Learning Outcomes Psychomotor Aspects Of 62% In The Second Cycle Increased To 76% And In The Third Cycle Increased To 100%. So It Can Be Said That The Research Has Been Successful And In Accordance With Success Indicators. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model Of Cooperative Learning Type Make A Match

Detail Informasi