Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V-B SDN 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V-B SDN 049 Tarakan

Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V-B SDN 049 Tarakan

Pengarang : Nur Hikma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Yaitu Menerapkan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V-B SD Negeri 049 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian, 34 Siswa, Dengan Jumlah Siswa Laki-Laki Sebanyak 20 Orang Dan Siswa Perempuan Sebanyak 14 Orang. Penelitian Dilaksanakan 2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Prosedur Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Yaitu Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Guru, Penilaian Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.
Hasil Penelitian Menunjukkan Penerapan Pendekatan Kontekstual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V-B SD Negeri 049 Tarakan. Pada Hasil Belajar Siklus I, Siswa Mendapatkan Nilai Ketuntasan Dalam Aspek Afektif Sebesar 73%, Pada Aspek Psikomotorik Mendapatkan Nilai Ketuntasan 69%, Sedangkan Aspek Kognitif Mendapatkan Nilai Ketuntasan 46%. Hal Ini Meningkat Pada Hasil Belajar Siklus II, Siswa Mendapatkan Nilai Ketuntasan Dalam Aspek Afektif Sebesar 100%, Pada Aspek Psikomotorik Mendapatkan Nilai Ketuntasan Sebesar 100%, Dan Untuk Aspek Kognitif Mendapatkan Nilai Ketuntasan Sebesar 100%. Pada Respon Siswa Memperoleh Nilai Rata-Rata Persentase 86,6% Dengan Kategori Sangat Baik. Maka Penelitian Dikatakan Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

The Purpose Of This Research Is To Apply Contextual Approach In Mathematics Learning To The Students Of Grade V-B SD Negeri 049 Tarakan. The Type Of Research Used Is Classroom Action Research (PTK). Research Subjects, 34 Students, With The Number Of Male Students As Many As 20 People And Female Students As Many As 14 People. Research Carried Out 2 Cycles Per Cycle Consists Of 2 Meetings. The Procedure Of Each Cycle Is Planning, Implementation, Observation, And Reflection. The Data Obtained In This Research Are Observation Sheet Of Student Activity, Observation Sheet Of Teacher Activity, Cognitive, Affective, And Psychomotor Assessment. The Result Of The Research Shows That Implementation Of Contextual Approach Can Improve Mathematics Learning Outcomes In Students Of Grade V-B SD Negeri 049 Tarakan. In The First Cycle Of Learning, Students Get The Value Of Mastery In The Affective Aspect Of 73%, On The Psychomotor Aspect Get The Value 69% Mastery, While The Cognitive Aspects Get 46% Completeness Value. This Is Increased On The Learning Outcomes Cycle II, Students Get The Value Of Mastery In The Affective Aspect Of 100%, The Psychomotor Aspect Get 100% Mastery, And For The Cognitive Aspect Get 100% Mastery. In The Response Students Get The Average Value Of 86.6% Percentage With Very Good Category. So Research Is Said To Have Succeeded And In Accordance With Success Indicators. Keywords: Contextual Approach, Learning Result, Mathematics Learning

Detail Informasi