
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sifat Cahaya Di Kelas V SD Negeri 050 Tarakan
Pengarang : Novita Aristiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Eksperimen Semu Yang Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa.
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Pada Kelas Eksperimen Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Lebih Besar Dari Pada Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Kelas Kontrol Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Hal Tersebut Dibuktikan Dengan Hasil Uji Independent Sample Test Pada Hasil Belajar IPA Ranah Kognitif Diperoleh Thitung = 2,00 Dengan Taraf Signifikasi 0,05 Dan Df = 63 Diperoleh Ttabel = 1,99, Maka Thitung > Ttabel. Hasil Belajar IPA Ranah Afektif Diperoleh Thitung = 3,58 Dengan Taraf Signifikasi 0,05 Dan Df = 63 Diperoleh Ttabel = 1,99, Maka Thitung > Ttabel Dan Hasil Belajar IPA Ranah Psikomotorik Diperoleh Thitung = 2,54 Dengan Taraf Signifikasi 0,05 Dan Df = 63 Diperoleh Ttabel = 1,99, Maka Thitung > Ttabel.
Dengan Demikian, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Memberikan Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.
Kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik
The Type Of Research Used Is A Quasi-Experimental Which Aims To Determine The Effect Of Numbered Heads Together Cooperative Learning Model On The Learning Outcomes Of Cognitive, Affective, And Psychomotor Domains Of Students. The Results Showed That The Learning Outcomes Of The Cognitive, Affective And Psychomotor Domains In The Experimental Class Taught Using Numbered Heads Together Type Cooperative Learning Model Were Greater Than The Learning Outcomes Of The Cognitive, Affective And Psychomotor Domains Of The Control Class Taught By The Cooperative Learning Model Type Make A Match. This Is Evidenced By The Results Of The Independent Sample Test On The Cognitive Learning Outcomes Of Science Obtained Tcount = 2.00 With A Significance Level Of 0.05 And Df = 63 Obtained Ttable = 1.99, Then Tcount > Ttable. Affective Domain Learning Outcomes Obtained By Tcount = 3.58 With A Significance Level Of 0.05 And Df = 63 Obtained Ttable = 1.99, Then Tcount > Ttable And Psychomotor Science Learning Outcomes Obtained Tcount = 2.54 With A Significance Level Of 0.05 And Df = 63 Obtained Ttable = 1.99, Then Thitung > Ttabel. Thus, The Use Of Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Has A Significant Influence On Cognitive, Affective, And Psychomotoric Learning Outcomes. Keywords: Numbered Heads Together, Learning Outcomes Of Cognitive, Affective, And Psychomotoric Spheres