Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan Pada Materi Sifat–Sifat Benda | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan Pada Materi Sifat–Sifat Benda

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan Pada Materi Sifat–Sifat Benda

Pengarang : Niken Ari Mastuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Eksperimen Semu Yang Bertujuan Untuk Mengetahui Atau Melihat Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan. Penelitian Ini Dilaksanakan Pada Bulan September 2017 Di Kelas III SDN 006 Tarakan. Desain Penelitian Ini Adalah Nonquivalent Control Group Design Dengan Populasi Siswa Kelas III SDN 006 Tarakan Dengan Jumlah Keseluruhan 90 Siswa. Sampel Dalam Penelitian Ini Terdiri Dari Dua Kelas Yaitu Kelas III C SDN 006 Tarakan Sebagai Kelas Eksperimen Dan Kelas III B SDN 006 Tarakan Sebagai Kelas Kontrol. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Simple Random Sampling. Materi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Sifat – Sifat Benda.
Analisis Data Yang Digunakan Untuk Menganalisis Data Hasil Penelitian Adalah Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial Dengan Bantuan SPSS V.21 For Windows. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Eksperimen Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tidak Sama Dengan Hasil Belajar Kelas Kontrol Yang Diajar Dengan Menggunakan Pembelajaran Ceramah Dan Diskusi. Hasil Uji Independent Sample T-Test Terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Diperoleh Thitung = 3,331. Pada Taraf Signifikansi 0,05 Dan Df = 60, Diperoleh Ttabel = 1,6706 Berarti Thitung > Ttabel.
Dengan Demikian, Penggunan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Memberikan Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Perubahan Wujud Benda

The Method Of This Research Was Quasi Experimental. The Objective Of The Research Is To Know The Effect Of Learning Inquiry Model Of Guided To The Result Of Learning Science At Third Grade Students’ At SDN 006 Tarakan In The Characteristic Of The Object Material. The Research Design Is Nonequivalent Control Grup Design With The Population Is The Students’ At Third Grade At SDN 006 Tarakan With The Total Is 90 Students. There Were Two Classes As The Samples Of This Research That Is III C SDN 006 As The Experimental Class And III B As The Control Class. The Sampling Technique Is Using Simple Random Sampling. The Material That Use In This Research Is Characteristic Of The Object Material. Data Anlysis That Used To Anlyzing The Research Result Of The Data Is Descriptive Statistic And Inferential Statistic With SPSS V.21 For Windows. The Result Of The Research Showed That The Study Scienece Result At Experimental Class That Taught By Using Learning Inquiry Model Guided Is Different With The Result At Control Class That Taught By Using Conventional Method And Discussion. Independent Sample Ttest Test Result To The Effect Of Learning Inquiry Model Guided With Conventional Learning That Observed By Result Of The Science Learning Students Gets Tcount 3,331at The Level Og Significanse 0.05 And Df = 60 Get Ttable 1,6706 Mean Tha Tcount > Ttable. Based On The Result Above, The Use Of Learning Inquiry Model Guided Gives A Significant Effect To The Result Of The Science Learning Students. Keywords: Guided Inquiry, The Result of Science Learning, Characteristic of the Object Material

Detail Informasi