
Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN 012 Tarakan Dan SDN 017 Tarakan
Pengarang : Murni Atika Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Fokus Penelitian Ini Adalah Penggunaan Fungsi Perpustakaan, Kegiatan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan, Dan Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN 012 Tarakan Dan SDN 017 Tarakan.
Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Metode Deskriptif-Komparatif Dengan Pendekatan Kualitatif Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi Dari Penelitian Ini Adalah Siswa Yang Berjumlah 1.189 Siswa Dari 2 Sekolah Dengan Sampel Untuk Penelitian Ini Berjumlah 8 Informan Dari 2 Sekolah. Sumber Data Diperoleh Dari Peristiwa Dan Aktifitas. Informan Pada Penelitian Adalah Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan, Dan Siswa. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Wawancara Yang Digunakan Adalah Wawancara Terstruktur. Teknik Analisis Data Pada Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Verifikasi Data.
Berdasarkan Analisis Data Dan Pembahasan Hasil Penelitian Pada Fokus Pertama Yaitu Penggunaan Fungsi Perpustakaan Pada SDN 012 Tarakan Sudah Memadai Berdasarkan Standar Sesuai Dengan Peraturan Menteri No. 24 Tahun 2007, Sedangkan Perpustakaan SDN 017 Tarakan Belum Memadai. Fokus Kedua Yaitu Kegiatan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan Pada SDN 012 Tarakan Sudah Dimanfaatkan Dengan Baik, Sedangkan Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan Pada SDN 017 Tarakan Masih Kurang Dimanfaatkan. Fokus Ketiga Yaitu Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada SDN 012 Dan SDN 017 Kota Tarakan Pihak Sekolah Sudah Mengupayakan Dalam Menerapkan Membaca 15 Menit Diawal Proses Pembelajaran, Memotivasi Siswa Dengan Memperkenalkan Siswa Mengenai Perpustakaan Dan Fungsi Perpustakaan, Mengajak Dan Menggunakan Perpustakaan Sebagai Tempat Kegiatan Belajar Mengajar.
Kata Kunci: Fasilitas Perpustakaan, Minat Baca
The Focus Of This Research Is The Use Of Library Functions, Activities To Utilize Library Facilities, And Efforts To Increase Students' Interest In Reading At SDN 012 And SDN 017 In Tarakan City. The Type Of Research Used Is Descriptive-Comparative Method With A Qualitative Approach In The 2017/2018 School Year. The Population Of This Study Were Students Totaling 1,189 Students From 2 Schools With A Sample For This Study Totaling 6 Students From 2 Schools. Data Sources Are Obtained From Events And Activities. Informants In The Study Were Principals, Teachers, Librarians, And Students. Data Collection Techniques In This Study Were Interviews, Observations, And Documentation. The Interviews Used Were Structured Interviews. Data Analysis Techniques In This Study Are Data Reduction, Data Presentation, And Data Verification. Based On Data Analysis And Discussion Of The Results Of The Research On The First Focus Of The Use Of Library Functions In SDN 012 Tarakan Is Adequate Based Onstandards In Accordance With Government Regulation No.24 Of 2007, While The Library Of SDN 017 Tarakan Is Inadequate. The Second Focus Is On The Utilization Of Library Facilities In SDN 012 Tarakan, Which Has Been Used Well, While The Utilization Of Library Facilities At SDN 017 Tarakan Is Still Underutilized. The Third Focus Is An Effort To Increase Reading Interest In SDN 012 Tarakan And SDN 017 Tarakan. The School Has Attempted To Apply Reading 15 Minutes At The Beginning Of The Learning Process, Motivate Students By Introducing Students To The Library And Library Functions, Inviting And Using The Library As A Place For Teaching And Learning Activities. Keywords: Library Facilities, Reading Interest